• Selasa, 9 Agustus 2022

Ombudsman Dorong Disdik Jabar Bentuk Whistleblowing System untuk Cegah Pungli PPDB

- Jumat, 24 Juni 2022 | 23:27 WIB
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat, Dan Satriana  (tangkapan layar Youtube Radio PRFM)
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat, Dan Satriana (tangkapan layar Youtube Radio PRFM)

FOKUSSATU.ID - Tim Satgas Saber Pungli Jabar melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 5 oknum panitia PPDB di SMKN 5 Kota Bandung, Rabu 23 Juni 2022.

Tindakan tegas dilakukan karena Tim Satgas Saber Pungli Jabar mendapatkan laporan masyarakat, terkait dugaan pungutan liar berupa permintaan uang sumbangan dan uang pramuka.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat, Dan Satriana prihatin, dengan terjadinya peristiwa yang mencoreng dunia pendidikan ini, aksi penangkapan terhadap oknum panitia PPDB SMKN 5 Kota Bandung itu.

“Kami prihatin terhadap kejadian penangkapan terhadap Kepala Sekolah dan panitia PPDB SMKN 5 Bandung itu. Mereka diduga melakukan upaya pengumpulan uang titipan untuk biaya pembangunan sekolah dan seragam," katanya lewat rilis yang diterima redaksi, Kamis 24 Juni 2022.

Baca Juga: Polisi Berhasil Temukan Balita Yang Diduga Hendak Diculik Di Wilayah Kalibata

Dan menjelaskan, pungli atau permintaan imbalan dalam pelayanan publik merupakan salah satu bentuk maladministrasi dan mengacu kepada Pasal 35 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

"Atasan langsung dari oknum tersebut, seharusnya bisa melakukan pengawasan internal atas pelayanan publik yang diselenggarakan olehnya," ujarnya.

Pada satu sisi, lanjut Dan, hal ini merupakan realisasi dari pernyataan Gubernur Jawa Barat pada saat membuka PPDB tahun 2022 untuk melakukan pemantauan terhadap indikasi pungutan liar dalam tahapan pelaksanaan PPDB dan menjadikan wilayah Jawa barat siaga satu terhadap pungutan liar.

Oleh karenanya, tambah Dan, Ombudsman, mendukung dan mendorong Tim Saber Pungli untuk meneruskan proses pengawasan pungli secara menyeluruh dan menuntaskan pemeriksaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Arismen Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bolehkah Daftar PPDB 2 Kali? Ini Penjelasannya

Senin, 20 Juni 2022 | 15:26 WIB
X