Mantap, Living Lab Solusi Cepat Tuntaskan Masalah dengan Kolaborasi

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:38 WIB
Researcher at Smart City Community and Innovation Center, Hendra Sandhi Firmansyah seusai acara Bandung Menjawab pada Rabu, 22 Juni 2022.
Researcher at Smart City Community and Innovation Center, Hendra Sandhi Firmansyah seusai acara Bandung Menjawab pada Rabu, 22 Juni 2022.

FOKUSSATU.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan, Kota Bandung masuk jadi lima besar kota menuju smart city. Salah satu langkah untuk mempercepat smart city di Kota Bandung melalui Living Lab

Program ini akan digarap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Researcher at Smart City Community and Innovation Center, Hendra Sandhi Firmansyah menjelaskan, konsep Living Lab ini bisa menjadi salah satu langkah cepat menyelesaikan permasalahan di Kota Bandung dari lingkup terkecil.

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, Ayo Cegah Banjir dengan Sumur Resapan Sederhana

"Prinsipnya bagaimana kita menyelesaikan masalah di lingkungan aslinya tanpa dibawa ke lab lagi. Jadi kita mulai dari area kecil dulu karena bisa lebih termanage dan terkontrol," jelas Hendra seusai acara Bandung Menjawab pada Rabu, 22 Juni 2022.

Jika nanti permasalahan tersebut bisa selesai dalam lingkup kecil, hasilnya bisa dikembangkan lagi ke wilayah yang lebih luas.

Sebab menurutnya, smart city bukan hanya kota yang mampu membrikan layanan internet gratis di mana pun. Namun, mampu memberikan layanan teknologi yang sesuai agar bisa membuat masyarakat menjadi lebih bahagia.

Baca Juga: Kampung Wisata Kreatif Cigondewah, Ciptakan Kepariwisataan Berdaya Saing

"Bukan hanya tentang wifi, tapi juga pelayanan digitalisasi kesahatan, pendidikan, ekonomi dan lainnya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MANTAP Pemkot Bandung Turunkan Angka Stunting

Selasa, 5 Juli 2022 | 18:41 WIB

Libur Sekolah, Tetap Taat Prokes Saat Berwisata

Senin, 4 Juli 2022 | 16:47 WIB

Pemkot Bandung Upayakan Penambahan 200 Vaksin PMK

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:47 WIB
X