Pertama di Indonesia, Warga Binaan Lapas Bogor Bisa Nikmati Air Minum Langsung di Kamar Hunian

- Senin, 28 November 2022 | 19:15 WIB
Penyediaan air minum di kamar hunian bagi warga binaan kelas IIA Bogor bisa langsung di konsumsi
Penyediaan air minum di kamar hunian bagi warga binaan kelas IIA Bogor bisa langsung di konsumsi

FOKUSSATU.ID - Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bogor saat ini bisa menikmati air langsung konsumsi yang tersedia di kamar hunian.

Penyediaan air minum bagi warga binaan ini buah kerja sama dalam bentuk hibah dari PT Beliver Karya Indonesia kepada Lapas Kelas IIA Bogor.

Kepala Lapas Kelas IIA Bogor Yohanes Waskito mengatakan, mesin dan instalasi air minum beroperasi sejak sepekan lalu, dan air yang diproduksi telah melalui uji laboratorium laik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Inovasi Sabun Cuci Tangan Buatan Siswa SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Desa

"Ini sudah digunakan kurang lebih seminggu lalu, sudah melalui proses pengecekan laboratorium juga. Saya juga sudah mencoba, sampai saat ini sehat, artinya air itu betul-betul memenuhi standar untuk air minum," kata Waskito, Senin (28/11/2022).

Di Lapas Bogor, sekarang ada 90 unit instalasi yang terpasang tepatnya di area jendela kamar hunian. Pasokan air minum itu mengalir selama 24 jam.

Waskito mengatakan, penyediaan air minum bagi warga binaan di Lapas Bogor terbilang yang pertama yang ada di wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Oleh karena itu, dirinya berharap Lapas Bogor bisa menjadi pilot project untuk di Lapas lain seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pasheman’90 Cerminan Ekstrakurikuler Kreatif dan Berprestasi dari SMKN 2 Garut

"Setahu saya di Lapas lain di Indonesia belum ada. Mudah-mudahan penyediaan air minum ini bisa menjadi contoh Lapas dan Rutan (rumah tahanan) seluruh Indonesia. Dan saya berharap ada kebijakan dari pimpinan kementerian, Lapas Bogor ini bisa dicontoh bagi Lapas lain," ujarnya.

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sholeh Iskandar Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 25 Januari 2023 | 17:18 WIB
X