• Sabtu, 3 Desember 2022

Ade Yasin Ajukan Banding Setelah Divonis Empat Tahun Penjara

- Sabtu, 24 September 2022 | 07:59 WIB
Kuasa Hukum Ade Yasin (Foto tangkapan layar)
Kuasa Hukum Ade Yasin (Foto tangkapan layar)

FOKUSSATU.ID - Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin melalui kuasa hukumnya, Dinalara ButarButar mengajukan banding setelah majelis hakim memberikan vonis empat tahun penjara atas perkara suap auditor BPK.

"Sudah pasti kita ajukan banding, sejak awal sudah saya sampaikan, terdakwa dihukum satu hari pun kami akan tetap melakukan pembelaan upaya hukum, karena terdakwa tidak bersalah," ungkapnya usai sidang putusan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Ia menganggap, hakim mengesampingkan fakta persidangan, karena sebanyak 39 saksi yang dihadirkan jaksa dan dua saksi ahli memberikan keterangan bahwa Ade Yasin tak terlibat.

Baca Juga: KPK Tetapkan Hakim Agung SD Tersangka Dugaan Suap Perkara MA F

"39 saksi dengan dua saksi ahli, sama sekali tidak jadi pertimbangan. Kami kecewa sekali . Mungkin media-media semua sudah pernah menyaksikan persidangan, tidak ada satu saksi pun yang mengatakan keterlibatan Ibu Ade," kata Dosen Universitas Pakuan itu.

Terlebih, menurutnya selama persidangan tidak ada satu alat bukti pun yang dimiliki jaksa untuk membuktikan keterlibatan Ade Yasin. Pasalnya, Ade Yasin tidak terjaring operasi tangkap tangan (OTT), melainkan dijemput di kediaman untuk dimintai keterangan atas penangkapan beberapa pegawai Pemkab Bogor.

"Karena memang faktanya terdakwa dibawa untuk dimintai keterangan dan tidak sedang melakukan tindak pidana. Penjemputan yang dilakukan kepada terdakwa tertanggal 27 April 2022 dinihari pukul 03.00 WIB di kediamannya hanya untuk dimintai keterangan," ujarnya.

Baca Juga: Masuk Dalam Zona Merah, BNPB Gelar Bimtek Fasilitator Penanganan PMK di Jawa Barat

Terdakwa Ihsan Ayatullah dalam keterangannya saat sidang mengaku mencatut nama Ade Yasin saat meminta sejumlah uang kepada pejabat perangkat daerah untuk diberikan ke auditor BPK.

Halaman:

Editor: Kusnad Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Binaan di Bogor Dibekali Cara Bertani

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:53 WIB

Vaksinasi Booster Kedua Dimulai dari Kota Bogor

Kamis, 24 November 2022 | 20:11 WIB

Pemkot Bogor Godok RDTR Tiga WP

Rabu, 23 November 2022 | 21:18 WIB

Bangun Ulang Jembatan, Jalan Otista Ditutup 9 Bulan

Selasa, 22 November 2022 | 21:33 WIB

Kenali 2L untuk Cegah Investasi dan Pinjol Ilegal

Selasa, 22 November 2022 | 20:16 WIB

Hore! Jembatan Ledeng Dibuka, Warga Gembira

Senin, 21 November 2022 | 23:37 WIB
X