• Sabtu, 3 Desember 2022

Belajar Dari Gempa Cianjur, Ketua LIN Jabar : Pemerintah Harus Serius Terapkan Sistem Konstruksi Anti Gempa

- Selasa, 22 November 2022 | 20:07 WIB
Ketua Lembaga Investigasi Negara (LIN) Jawa Barat Herdiawan Yuda Praja (Foto tangkapan layar)
Ketua Lembaga Investigasi Negara (LIN) Jawa Barat Herdiawan Yuda Praja (Foto tangkapan layar)

FOKUSSATU.ID, Bandung - Gempa Cianjur melahirkan luka yang mendalam. bagaimana tidak dampak gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu telah meluluh lantakan 2.300 lebih rumah, belum termasuk gedung pemerintah, fasilitas pendidikan dan lainnya.

Reruntuhan bangunan menjadi penyebab banyaknya korban jiwa maupun yang mengalami luka-luka. Lantas pelajaran apa yang dapat dipetik dari gempa Cianjur ? Terkait hal ini responpun berdatangan.

Dikutip dari Kang Dedi Muyadi Channel 22 November 2022. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyampaikan harus ada pembenahan tata ruang. Rumah masyarakat tidak boleh merangseg ke tanah dataran tinggi. Dedi menginginkan dataran tinggi tetap ditumbuhi pohon-pohon hutan.

Baca Juga: Aksi Peduli Gempa Cianjur, BRM Buka Donasi Kemanusiaan di Cimahi Mall

Sementara itu secara lebih spesifik Ketua Lembaga Investigasi Negara (LIN) Jawa Barat Herdiawan Yuda Praja mengatakan harus ada terobosan disistem konstruksi.

"Saya setuju dengan kang Dedi terkait pembenahan tata ruang. Hal ini bisa meminimalisir resiko saat terjadi bencana. Tapi akan lebih hebat lagi kalau kedepan sistem kontruksi jadi fokus pengawasan pemerintah. Melalui pemilihan material bangunan dan sistem konstruksinya, " beber Herdi di Bandung, Selasa (22/11/2022).

Gempa bumi di Cianjur memiliki daya rusak yang hebat. Fenomena tersebut dalam pengamatan Herdi harus dilihat bukan dari ukuran skala rihter saja.

"Jangan dilihat dari skala rihternya saja tapi lihat dari pergeseran lempengnya makanya efeknya besar, " ujarnya.

Baca Juga: Arab Saudi Luar Biasa, Hajar Messi dkk. Menang 2-1

Halaman:

Editor: Kusnadi Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X