Bandung Kota Angklung: Peranan Udjo Ngalagena Hingga National Mall Washington

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:58 WIB
Saung Udjo Ngalagena
Saung Udjo Ngalagena

 


FOKUSSATU.ID - Kota Bandung akan mendeklarasikan diri sebagai Kota Angklung. di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu 21 Mei 2022 mendatang.

Deklarasi ini merupakan hal tepat. Meski angklung dikenal sebagai alat musik tradisional Jawa Barat, tetapi angklung besar dan berkembang di Kota Bandung.

Hal itu juga karena tak lepas dari peranan Udjo Ngalagena. Ya, Udjo Ngalagena adalah pendiri Saung Angklung Udjo yang  terletak di Jalan Padasuka Pasirlayung Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Baca Juga: Akibat Tebingan Longsor Sepanjang 10 Meter Ambruk, Rumah Warga Termasuk Tokoh Wartawan Terancam di Bogor

Saung ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kota Bandung. Saung Angklung Udjo adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. 

Lebih dari itu, Saung Angklung Udjo mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Dari penelusuran Humas Kota Bandung, saung ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati. Tujuan awalnya ingin melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. 

Baca Juga: Solve Education dan Pemerintah Kota Semarang Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Teknologi Berbasis Gim

Udjo Ngalagena, seorang pengrajin tradisional, membangun tempat itu pada tahun 1966 sebagai sarana untuk memberi kembali kepada masyarakat. 

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MANTAP Pemkot Bandung Turunkan Angka Stunting

Selasa, 5 Juli 2022 | 18:41 WIB

Libur Sekolah, Tetap Taat Prokes Saat Berwisata

Senin, 4 Juli 2022 | 16:47 WIB
X