• Jumat, 20 Mei 2022

Mengapa Sekolah dan Siswa Wajib Membuat Akun LTMPT, Begini Penjelasannya

- Selasa, 11 Januari 2022 | 15:46 WIB
Akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) (ilustrasi)
Akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) (ilustrasi)

FOKUSSATU.ID – Bagi para siswa yang akan mendaftarkan diri di perguruan tinggi, wajib memiliki syarat sebagai berikut. Hal ini untuk memudahkan calon mahasiswa saat akan mengikuti seleksi tes masuk perguruan tinggi. 

Lantas syarat apa yang harus dipersiapkan calon mahasiswa baru yang akan mendaftar kuliah ? Berikut penjelasannya. 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mewajibkan sekolah dan siswa untuk membuat akun LTMPT. Akun ini sangat penting untuk pendaftaran di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari mengatakan, langkah pertama untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN di bawah koordinasi LTMPT memang sekolah dan siswa harus memiliki akun LTMPT.

Baca Juga: JPU Tuntut Hukuman Mati bagi Herry Wirawan Si Pemerkosa 13 Santriwati

Tahun ini, katanya, seleksi penerimaan mahasiswa baru di bawah LTMPT akan membuka kesempatan para siswa untuk mendaftar 75 PTN (universitas dan institut), 39 politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang melalui SNMPTN dan SBMPTN.

Ashari yang juga menjabat sebagai Rektor ITS ini menjelaskan, registrasi akun yang harus dibuat sekolah sudah dimulai sejak 4 Januari lalu. Sedangkan untuk siswa dipersilahkan membuat akun mulai hari ini, Senin (10/1/2022).

"Untuk siswa dimulai pada 10 Januari nanti sore. Jadi siswa kelas 12 anda bisa mulai membuat akun nanti sore pukul 15.00 WIB di LTMPT," katanya pada Sosialisasi Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 di Youtube LTMPT, Senin (10/1/2022) kemarin. 

Kemudian, mengapa sekolah dan siswa diwajibkan membuat akun LTMPT? Ashari menjawab, sekolah diwajibkan karena sekolah harus mengunggah data siswa-siswinya yang eligible mendaftar ke SNMPTN.

Halaman:

Editor: Asep Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI Babel Bahas MoU dengan UBB

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:50 WIB

Pengumuman, Masuk Sekolah Mulai 12 Mei 2022

Kamis, 5 Mei 2022 | 21:00 WIB

HORE, Honorarium Triwulan I Guru non-ASN Cair

Rabu, 27 April 2022 | 22:36 WIB
X