Deteksi Dini Kanker Serviks dengan CerviScan Buatan Bio Farma

- Senin, 23 Januari 2023 | 16:22 WIB
Talkshow cegah kanker serviks bersama Bio Farma di halaman Gedung Sate Bandung, Minggu (22/1/2023).
Talkshow cegah kanker serviks bersama Bio Farma di halaman Gedung Sate Bandung, Minggu (22/1/2023).

FOKUSSATU.ID - Bio Farma segera merilis diagnostik kit bernama CerviScan. Inovasi karya anak bangsa ini merupakan deteksi dini terhadap Human Papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan bahwa Bio Farma menghadirkan CerviScan yang dapat menjadi alternatif pilihan bagi wanita Indonesia.

“Kanker serviks merupakan sillent killer karena gejalanya baru diketahui setelah stadium lanjut. Untuk itu perlu pencegahan dan deteksi dini untuk diketahui lebih awal penyakitnya sehingga tidak terlambat ditangani. CerviScan hadir untuk menjadi salah satu solusi bagi wanita dan para ibu yang ragu melakukan pemeriksaan karena rasa takut ” papar Honesti, Minggu (22/01/2023).

Baca Juga: Dua Laga Terakhir, MU Dihukum di Menit 90. Semalam Kalah dari Arsenal karena Gol di Injury Time

Honesti memaparkan, deteksi dilakukan dengan metode pengambilan urine yang kemudian diperiksa di laboratorium menggunakan alat PCR. Diharapkan dengan metode urine ini akan memberikan kenyamanan kepada para perempuan.

"Dengan pola ini harapannya bisa meningkatkan angka skrining kanker serviks,” tambah Honesti.

Sementara itu, Bio Farma juga mensosialisasikan bahaya kanker serviks dengan menggelar talkshow yang mengangkat tema “The Silent Killer: Kenali dan Deteksi Kanker Serviks yang diawali dengan Funbike dengan titik keberangkatan di Bio Farma Bandung menuju Gedung Sate,yang langsung dilepas oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Bio Farma, Sri Harsi Teteki.

Sri Harsi Teteki menyampaikan bahwa perempuan Indonesia harus lebih peduli terhadap kesehatan diri.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para wanita dapat mengenal secara dalam mengenai kanker rahim. Sebagai perempuan Indonesia harus terus melindungi diri dengan menjaga kesehatan”ungkap Sri Harsi Teteki.

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X