Bio Farma Bina Peternak Milenial di Jabar , Kembangkan Produksi Rumput Pakan Ternak

- Kamis, 19 Januari 2023 | 09:20 WIB
Bio Farma bantu peternak milenial di Jabar
Bio Farma bantu peternak milenial di Jabar

FOKUSSATU.ID - Mengusung program community development dan creating share value (CSV), Bio Farma membina 80 peternak generasi milenial yang berasal dari 3 kelompok ternak di desa Mandalamukti, Ciptagumati, dan Cipada Kabupaten Bandung Barat, melalui program Social Enterpreneruship Peternak Milenial.

CSV yang dilakukan oleh Bio Farma yaitu mengintegrasikan isu dan tantangan masyarakat ke dalam suatu bentuk kegiatan atau pendampingan, kemudian penciptaan nilai ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Melalui Program Re-grass & Sustainability Village, permasalahan yang teridentifikasi oleh Bio Farma adalah para peternak kesulitan mendapatkan rumput untuk pakan ternak hingga harus mencari ke luar kota, yang nantinya akan berpengaruh terhadap biaya operasional pemeliharaan, kualitas peternakan dan kuantitas yang dihasilkan.

Baca Juga: Bermain Imbang dengan Crystal Palace, Manchester United Gagal Salip Manchester City

Peternak milenial merupakan potensi yang dikembangkan Bio Farma sehingga dapat menjadi roda penggerak pengembangan kapasitas dan kapabilitas masyarakat bidang peternakan di wilayahnya.

Dengan menekankan kepada aspek identifikasi, pengambangan potensi lokal dan pemanfaatan sumberdaya manusia sebagai unsur penting dalam keberlanjutan program, maka muncul sebuah isu dan potensi yang terus bisa dikembangkan.

Yang pada akhirnya pengembangan Program Re-Grass & Sustainability Village yang di implementasikan di Desa Mandalamukti mampu disebarluaskan kembali oleh Kelompok Ternak Domba & Kambing Azkia Raya kepada Kelompok Ternak Domba Bale Sawargi Desa Cipada Kecamatan Cikalong Wetan, dan Kelompok Ternak Domba Panglipur Galih Desa Ciptagumati Kecamatan Cikalong Wetan.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan bahwa Bio Farma menggunakan skema ABCG (Academy, Business, Community, Government) untuk menciptakan sinergitas atau implementasi program yang tepat sasaran juga berkelanjutan.

Baca Juga: Diduga Pengelolaan Obyek Wisata Sari Ater Lakukan Korupsi, Bupati Subang Laporkan Ke Kejati Jabar

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X