• Sabtu, 3 Desember 2022

Kewaspadaan Terhadap Penyakit Mulut dan Kuku Jangan Pernah Hilang. Akan Tetap Mengancam Hingga 2035

- Kamis, 24 November 2022 | 15:32 WIB

FOKUSSATU.ID - Kewaspadaan terhadap penyakit mukut dan kuku (PMK) tidak boleh hanya dilakukan menjelang perayaan Idul Adha saja.

Sebab PMK pada hewan ternak diprediksi belum akan hilang setidaknya hingga 2035. Ini tidak terlepas dari tingginya jumlah hewan ternak seiring tingkat konsumsi masyarakat yang juga tinggi, termasuk di Jawa Barat.

Kabid Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Supriyanto menyebutkan jumlah hewan ternak di Jawa Barat mencapai 750 ribu.

Baca Juga: Tak Berizin, Satpol PP Kota Bogor Segel Restoran Mie Gacoan

"Sayangnya tingkat kesadaran peternak akan kebersihan masih dirasa sangat kurang. Intinya pencegahan itu dari tingkat kebersihan kandang," katanya saat menjadi pemateri dalam seminar Wartawan Pokja Gedung Sate dengan tema Jawa Barat Juara Menuju Bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (24/11).

Supriyanto menjelaskan, penyebaran virus PMK sangat mudah terjadi, seperti melalui penularan dalam kandang, kendaraan saat perpindahan, dan petugas peternakan yang lalai.

"Kalau dari luar mau ke kandang, bajunya harus didisinfektan, sepatunya juga. Agar virus-virus dari luar tidak terbawa ke kandang," ujarnya.

Lebih lanjut dia katakan, penyebaran virus PMK ini diperparah oleh masih sedikitnya jumlah vaksin. "Makanya yang diprioritaskan untuk divaksin adalah sapi dan kerbau, karena nilai ekonominya tinggi. Pada tahun 2022 ini, kami optimis vaksinasi hewan ternak di Jawa Barat sudah mencakup 200 ribu lebih hewan kurban," katanya.

Baca Juga: Piala Dunia Terakhir bagi Pelatih Brazil, Tite. Para Pemain Bertekad Bawa Tropi sebagai Hadiah Perpisahan

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daud Achmad Didorong Pimpin KONI Jawa Barat

Jumat, 25 November 2022 | 16:41 WIB

OJK Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 08:37 WIB

Gempa Cianjur Tak Ganggu Jadwal Perjalanan Kereta

Senin, 21 November 2022 | 22:48 WIB

Puding Melon, Ini Sajian Spesial Keluarga Rumahan

Senin, 21 November 2022 | 20:47 WIB

Kemenkes dan Astra Kolaborasi Optimalkan Posyandu

Senin, 21 November 2022 | 17:11 WIB
X