Upaya Tingkatkan Layanan Publik, MPP Kota Bandung Menarik Minat Investor

photo author
- Kamis, 25 April 2024 | 07:46 WIB
Mal Layanan Publik (MPP) Kota Bandung
Mal Layanan Publik (MPP) Kota Bandung

FOKUSSATU.ID, BANDUNG - Pemkot Bandung telah mengoperasikan layanan satu pintu atau Mal Layanan Publik (MPP).  MPP adalah konsep satu pintu sistem pelayanan yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan dari berbagai instansi.

MPP memfasilitasi 28 instansi terdiri dari 9 instansi internal pemerintah Kota Bandung dan 19 instansi eksternal. MPP telah di uji coba pada Januari 2022 dan sudah beroperasional penuh bulan juli 2022 lalu. Lokasinya di jalan cianjur no 34 kelurahan  kacapiring kecamatan Batununggal kota Bandung.

Keunggulan MPP Kota Bandung anata lain, Zona kawasan WBBM, Pelayanan secara transparan, Menjungjung tinggi integritas, Aman, dan Nyaman.

Baca Juga: Pansus 8 DPRD Kota Bandung, Hasan Faozi: Dorong Percepatan Raperda Penyelenggaran Keolahragaan

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) disamping memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan, juga telah menarik minat investasi di Kota Bandung

Ia juga mengingatkan kepada seluruh OPD Kota Bandung untuk menjaga kualitas MPP sebagai akses yang memudahkan masyarakat memperoleh layanan publik.

"MPP ini wajah, atau cerminan Pemerintah Kota Bandung (dalam memberikan layanan publik). Jadi terus jaga dan tingkatkan kualitasnya," pesan Bambang. Kamis (25/4/2024)

Untuk diketahui, MPP Kota Bandung yang terletak di Jalan Cianjur ini memfasilitasi 28 gerai dan 1 drive thru yang terdiri dari instansi internal dan eksternal Pemerintah Kota Bandung. Gerai-gerai tersebut di antaranya:

Baca Juga: Turunkan Stunting dan Kendalikan Inflasi, Pemkot Bandung Bentuk 100 Kelompok Buruan Sae

  1. Disnaker Kota Bandung
  2. Disdagin Kota Bandung
  3. BPBJ Kota Bandung
  4. Disdukcapil Kota Bandung
  5. Diskominfo Kota Bandung
  6. Diciptabintar Kota Bandung
  7. Bapenda Kota Bandung
  8. Perumda Tirtawening
  9. Helpdesk OSS DPMPTSP Kota Bandung
  10. Polrestabes Bandung
  11. Kemenkumham Kanwil Jawa Barat (Ditjen AHU & HAKI)
  12. Kantor imigrasi kelas I Kota Bandung
  13. Kementrian Agama Kota Bandung
  14. Kantor Agraria (ATR/BPN) Kota Bandung
  15. DPMPTSP Propinsi Jawa Barat
  16. Bapenda Propinsi Jawa Barat
  17. Kantor Bea Cukai Kota Bandung
  18. BNN Kota Bandung
  19. BPJS Kesehatan
  20. BPJS Ketenagakerjaan
  21. BPPOM di Bandung
  22. PT PLN UP3 Kota Bandung
  23. PT Pos
  24. Pengadilan Negeri Kota Bandung
  25. Bank Bandung
  26. Bank BJB
  27. Pojok Dekranasda dan UMKM
  28. Bandung Investment Corner (DPMPTSP Kota Bandung)
  29. DRIVE Thru SAKEDAP

Selain itu, fasilitas yang dimiliki Mal Pelayanan Publik terbilang lengkap dan ramah anak dan disabilitas.Di antaranya seperti, ruang aktasi (ibu menyusui), musala, toilet khusus disabilitas, pojok baca digital, taman bermain anak, dan area menunggu yang nyaman.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bambang Tirtoyuliono Sebut Sampah di Kota Bandung Sulit Diatasi

" Kami juga mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara MPP dengan kategori Prima. Meski MPP Kota Bandung baru umur satu tahun yang diresmikan pada 23 Agustus 2023," katanya.

penghargaan itu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Ini adalah hasil kerja keras Pemkot Bandung dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah pusat. Tentunya sebagai motivasi kita untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan publik untuk seluruh masyarakat di Kota Bandung," ujar Bambang.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Kusnadi Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

OJK Gelar Porseni FKIJK 2025

Jumat, 19 Desember 2025 | 07:41 WIB
X