FOKUSSATU.ID - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), berhasil mempertahankan performa jaringan yang baik dalam mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya selama masa libur Lebaran 2022.
Pada musim liburan kali ini, IOH mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27% pada tanggal 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dimana sekitar 97% diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G.
Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi. Beberapa site MOCN (Multi Operator Core Network) juga memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan di dalam ruangan.
Baca Juga: Pemilik Klub Chelsea Sudah Resmi Berpindah dari Roman Abramovich
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan pada lebaran ini menjadi momentum untuk mempercepat proses integrasi jaringan dan kami senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran, meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi.
"Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan," ujarnya dalam siaran persnya.
Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini.
Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi.
Baca Juga: Piala Thomas dan Uber, Indonesia Siap Pertahankan Gelar
Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.
Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo Hutchison melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu.
Tercatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.
YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.
Baca Juga: Wali Kota Bandung: Libur atau Tidak, Pelayanan Tak Akan Pernah Berhenti
Artikel Terkait
Indosat Ooredoo Hutchison Catat Laba Kuat di FY2021, Laba bersih tahun berjalan Sebesar Rp6.750,9 miliar
Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Platinum di 7th PR Indonesia Awards 2022
Indosat Ooredoo Hutchison Siap Hadapi Peningkatan Traffick Lebaran 2022
Indosat Ooredoo Hutchison Catat Laba Kuat di Kuartal I Tahun 2022 sebagai Entitas Gabungan Baru