DPRD Umumkan Perubahan Komposisi Alat Kelengkapan Dewan

- Senin, 10 Oktober 2022 | 21:19 WIB
DPRD Kota Bandung menggelar rapat paripurna dengan agenda perubahan susunan pimpinan dan anggota Alat Kelengkapan Dewan, di Ruang Rapat Paripurna, Kota Bandung
DPRD Kota Bandung menggelar rapat paripurna dengan agenda perubahan susunan pimpinan dan anggota Alat Kelengkapan Dewan, di Ruang Rapat Paripurna, Kota Bandung

FOKUSSATU.ID - DPRD Kota Bandung menggelar rapat paripurna dengan agenda perubahan komposisi pimpinan dan anggota Alat Kelengkapan Dewan, di Ruang Rapat Paripurna, Kamis (6/10/2022).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., didampingi Wakil Ketua DPRD Achmad Nugraha, D.H., S.H., serta dihadiri Anggota DPRD baik secara langsung maupun teleconference.

Berdasarkan Pasal 31 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota, menyebutkan bahwa “Alat Kelengkapan DPRD terdiri atas: Pimpinan DPRD, Badan Musyawarah, Komisi, Bapemperda, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, dan Alat Kelengkapan lain yang diperlukan dan dibentuk berdasarkan rapat paripurna”.

Baca Juga: Achmad Nugraha Dorong Partisipasi Kepala Sekolah Tingkatkan Kualitas SDM

Dalam peraturan tersebut, Badan Musyawarah dan Badan Anggaran berdasarkan ketentuan perundang-undangan, pimpinannya adalah Pimpinan DPRD.

Adapun penetapan atau pengukuhan nama-nama pimpinan dan anggota Alat Kelengkapan DPRD Komisi A, B, C, D dan Bapemperda di rapat paripurna ini berpedoman pada Surat Masuk dari sejumlah fraksi terkait Perubahan Susunan Keanggotaan AKD.

Pada tanggal 25 September 2022 lalu, telah dilaksanakan rapat pemilihan/pengukuhan Pimpinan pada masing-masing Alat Kelengkapan DPRD, yaitu pada AKD Komisi A, B, C, dan D serta Badan Pembentukan Peraturan Daerah, dan telah dituangkan dalam Berita Acara rapat pemilihan/pengukuhan Pimpinan pada masing-masing AKD dimaksud.

Baca Juga: Tedy Rusmawan Bantu Aspirasi Warga Soal Banjir Hingga Penataan Kewilayahan

Pimpinan DPRD Kota Bandung telah menerima Surat Masuk dari Fraksi PSI-PKB-PPP DPRD Kota Bandung Nomor: 013/FG PSI-PKB-PPP/IX/2022 tanggal 12 September 2022 Perihal Restrukturisasi Alat Kelengkapan DPRD dengan susunan sebagai berikut :
1. Komisi A: Erick Darmajaya, B.Sc.. M.K.P.
2. Komisi B: Christian Julianto Budiman
3. Komisi C: Asep Mahyudin, S.Ag.
4. Komisi D: - Yoel Yosaphat, S.T.
- H. Erwin, SE.
- H. Yusuf Supardi, S.Ip.
5. Badan Anggaran: - Yoel Yosaphat, S.T.
- H. Erwin, SE.
- H. Yusuf Supardi, S.Ip.
6. Badan Musyawarah - Christian Julianto Budiman
- Yoel Yosaphat, S.T
- H. Erwin, SE.
7. Badan Pembentukan Peraturan Daerah: - Asep Mahyudin, S.Ag.
- Erick Darmajaya, B.Sc.. M.K.P
8. Badan Kehormatan: Asep Mahyudin, S.Ag.
Selain itu, Pimpinan Dewan juga menerima Surat Masuk dari Fraksi Nasional Demokrat DPRD Kota Bandung Nomor: 017/F-NasDem/DPRD Kota Bandung/IX/2022 tanggal 28 September 2022 Perihal Surat pemberitahuan Anggota Alat Kelengkapan Dewan Fraksi NasDem Kota Bandung Periode 2019-2024, yang memutuskan penarikan Yth. Sdr. Dudy Himawan, S.H., dari Keanggotaan/Ketua di Badan Kehormatan.

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

APBD Defisit, Berikut Langkah Bappeda Kota Sukabumi

Selasa, 15 November 2022 | 22:00 WIB
X