• Selasa, 9 Agustus 2022

Di Bulan Agustus 2022 BKSDA Jabar Lepasliarkan Sepasang Surili di Kawasan Wisata Curug Cijalu

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:06 WIB
Acara pelepasliaran sepasang hewan primata Sueili di Curug Cijalu BKPH Cisalak KPH Bandung Utara  (Foto Humas KPH Bandung Utara)
Acara pelepasliaran sepasang hewan primata Sueili di Curug Cijalu BKPH Cisalak KPH Bandung Utara (Foto Humas KPH Bandung Utara)

FOKUSSATU.ID - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat lepasliarkan sepasang hewan primata Surili (Presbyti_comata) di objek wisata Curug Cijalu Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wanayasa, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cisalak, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara, Rabu (03/08/2022).

Pelepasliaran dua primata tersebut dipimpin langsung Kepala BBKSDA Jabar yang mewakili Hilmawan dampingi dari Aspinal dan dihadiri oleh Asisten Perhutani (Asper) Cisalak Suhartondo dan Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Wanayasa, Usep Hermawan.

Hilmawan mengatakan keberadaan Surili saat ini memang sudah berkurang, populasinya terancam punah. Populasi Surili di wilayah BBKSDA Jawa barat saat ini di ambang kepunahan tiap kelompok terdiri dari enam hingga delapan ekor dan total Surili saat ini secara keseluruhan tinggal sekitar 2.500 ekor.

Baca Juga: Pelaku Sekaligus Penjual Konten Video Syur di Medsos Ditangkap Polisi

“Pelepasliaran surili ini sebagai wujud pelestarian populasi hewan primata dan keberadaan Surili harus terus terjaga,” kata Hilmawan.

Hilmawan menambahkan bahwa Surili adalah hewan endemik Jawa Barat. Hewan ini herbivora, pemakan daun-daun muda dan buah-buahan. Sisa-sisa biji dari buah-buahan yang dimakannya bisa menjadi bibit-bibit pohon baru. Dengan pola hidup Surili yang seperti itu, maka tentu akan membuat alam terus lestari.

Sementara itu, Asper Cisalak Suhartondo mengucapkan terima kasih kepada BKSDA Jawa Barat yang sudah memilih wisata Curug Cijalu sebagai titik pelepasliaran dua primata tersebut.

Baca Juga: Kabar Gembira, Perusahaan BUMN Buka Loker untuk Lulusan SMA, SMK, MA Sederajat

“Sebagai tambahan, kawasan hutan Curug Cijalu ini memang masih terjaga keasriannya. Sehingga, bisa membuat dua primata ini nyaman dan aman,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Kusnad Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rangkaian HUT RI dan HJKB, Ada Great Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:07 WIB
X