Nurman, Merubah Ceker Ayam Menjadi Sepatu Berkualitas Premium

- Kamis, 29 Desember 2022 | 11:22 WIB
Nurman, merapihkan bahan sepatu berbahan kulit ceker ayam
Nurman, merapihkan bahan sepatu berbahan kulit ceker ayam

FOKUSSATU.ID - Puluhan pasang sepatu kulit terpajang di ruang tamu rumah di Jl. Moh. Toha Gg. Subur No.20, RT.03/RW.05, Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sepatu yang kebanyakan untuk wanita itu memiliki motif kotak-kotak beraturan, mirip seperti kulit buaya atau ular. Tetapi ternyata itu adalah kulit dari ceker ayam.

Seperti dijelaskan oleh Nurman Farierka, pemilik dan pencetus produk sepatu berbahan kulit ayam itu yang dimulainya sejak 2018.

Keunikanya yang mampu memanfaatkan ceker menjadi sepatu ternyata juga menarik minat perusahaan otomotif besar, PT Astra . Ia pun menerima penghargaan dan bantuan lewat program SATU Indonesia Awards tahun 2019, bidang kewirausahaan.

Baca Juga: Timnas Day. Piala AFF 2022, Indonesia vs Thailand Sore Ini

Proses panjang untuk menjadi seperti saat ini sudah dilaluinya. Kini ia tinggal menikmati keberhasilan usaha sepatu ceker ayam. Menikmati penghasilan yang lumayan buah hasil riset dan usaha tanpa lelah.

Ia masih ingat, saat mulai mencoba memanfaatkan ceker ayam untuk bahan membuat sepatu. Nurman harus mencari ceker ayam ke pasar terdekat. Sedikitnya 40 buah ceker ayam atau 2 kg ceker harus disiapkan untuk membuat sepasang sepatu.

Di dapur rumahnya, ceker ayam itu kemudian dikuliti. Bagian bawah atau telapak ceker di belah dengan pisau, lalu kulit ceker di tarik hingga lepas. Dilakukan berulang hingga semuanya terkupas dan lalu mencucinya hingga bersih.

Agar nampak estetik, kulit kemudian direndam dalam air yang sudah diberi warna tekstil agar awet, tidak berbau amis dan tidak mudah luntur. Dipilih warna coklat dan hitam. Setelah warna meresap, kulit ceker kemudian di tata dalam papan triplek, "dijembreng" agar saat kering berbentuk lembaran. Mengikuti perkembangan jaman dan permintaan custom, warna kulit kini lebih bervariasi.

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X