BPS Segera Laksanakan Sensus Pertanian 2023. Diawali dengan Rakor Sensus se-Jabar

- Senin, 21 November 2022 | 12:19 WIB
BPS Jabar segera melaksanakan Sensus Pertanian 2023.
BPS Jabar segera melaksanakan Sensus Pertanian 2023.

FOKUSSATU.ID - BPS Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi Sensus Pertanian 2023 (ST2023) dengan OPD terkait Provinsi Jawa Barat serta BPS dan OPD kabupaten/kota se-Jawa Barat pada 20 November 2022.

Bertempat di Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung, acara ini dihadiri oleh 238 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Dinas, stakeholder terkait Provinsi Jawa Barat dan kabupaten/kota se-Jawa Barat, internal BPS Provinsi Jawa Barat dan BPS kabupaten/kota se-Jawa Barat, organisasi komunitas petani, pelaku usaha pertanian serta awak media.

Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Marsudijono bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Dadan Hidayat, serta Kepala Dinas terkait di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Duet Bersama Fahad Al Kubaisi, Jungkook BTS Tampil di Pembukaan Piala Dunia 2022

Marsudijono, Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, menyampaikan bahwa dalam mewujudkan basis data pertanian nasional, selain memiliki tugas sebagai penyelenggara Sensus Pertanian dan survei berbasis pertanian BPS juga berperan sebagai Leading Sector pemenuhan data pertanian dengan penekanan pada customer view oriented yaitu apa yang dibutuhkan stakeholder dan para pengguna data.

"Rakor dilaksanakan untuk menciptakan kolaborasi dalam sensus. Sebab ujtuk sensus pertanian ini, BPS sangat membutuhkan duiungan dari semua OPD yang ada di Jabar," tegasnya.

Sementara Dadan Hidayat menyampaikan, Pertanian ke depan tidak berbasis alam yang bergantung pada luas lahan, tetapi berbasis penggunaan telnologi seperti hidroponik, dsb. Dukungan agar Sensus Pertanian dapat mencakup seluruh aktivitas pertanian, sehingga hasilnya dapat bermanfaat sebagai dasar pijakan perumusan program di bidang pertanian.

Baca Juga: Di Tangan Southgate, Taktik Inggris Lebih Fleksibel Tergantung Lawan yang Dihadapi

Pada kegiatan rakor dilakukan pula penandatangan komitmen dukungan terhadap pelaksanaan ST2023 oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X