• Selasa, 4 Oktober 2022

Bank Indonesia Berikan Rekomendasi bagi Pemulihan Ekonomi di Jabar untuk Tahun 2022

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 11:21 WIB
Media Update Bank Indonesia Jabar, Jumat (9/7/2022)
Media Update Bank Indonesia Jabar, Jumat (9/7/2022)

FOKUSSATU.ID - Tantangan perekonomian khususunya di Jawa Barat (Jabar) masih cukup berat di tahun ini, meski pandemi Covid-19 sudah mulai dapat dikendalikan.

Guna mengantisipasi beberapa tantangan perekonomian ke depan, Kantor Perwakilan
Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan
Pemerintah Daerah dan lembaga atau stakeholders terkait termasuk media.

Pada diskusi kegiatan Media Update terkait
Perkembangan Perekonomian Jawa Barat oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto menyampaikan sejumlah rekomendasi untuk pemulihan Jabar tahun ini.

Hadir dalam Media Update, Jumat malam (8/7/2022) Kepala Perwakilan BI Cirebon, Hestu Wibowo, Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya, Darjana, erta Ketua ISEI Cabang Bandung Prof. Martha Fani Cahyandito.

Baca Juga: KSP : Pemerintah Bangun KITB Jawa Tengah Diproyeksikan Untuk Serap Ratusan Ribu Tenaga Kerja

Pada kesempatan tersebut, disampaikan beberapa rekomendasi kebijakan yang
diperlukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan momentum pertumbuhan ekonomi sekaligus mengantisipasi potensi tekanan inflasi.

Beberapa rekomendasi kebijakan yang dapat dilakukan adalah pertama melalui langkah koordinatif merespon potensi stagflasi dunia dan tekanan inflasi yang tinggi, melalui penguatan strategi kebijakan 4K (ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi efektif) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terutama dalam menjaga kepastian ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan di wilayah Jawa Barat didukung oleh penerapan teknologi serta ketersediaan
sistem informasi yang memadai.

Kedua, menjaga perbaikan kinerja ekspor dan investasi Jawa Barat di tengah tekanan stagflasi global. Berbagai dukungan diantaranya melalui pemberian kemudahan dan insentif ekspor terutama pada komoditas potensial diluar yang ada seperti perikanan dan maritim serta pertanian di Jawa Barat Selatan yang perlu didukung dengan konektivitas yang baik.

Baca Juga: Ramalan Feng Shui Hari Ini, Sabtu 9 Juli 2022 bagi Shio Tikus, Harimau dan Kerbau : Miliki Waktu untuk Sendiri

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Batalkan Program Kompor Listrik. Kok Bisa ?

Selasa, 27 September 2022 | 19:49 WIB
X