• Jumat, 20 Mei 2022

Kasus aktif Covid Alami Lonjakan di 19 Kabupaten/Kota

- Sabtu, 27 November 2021 | 20:22 WIB
ilustrasi Covid-19
ilustrasi Covid-19

FOKUSSATU.ID- Selama beberapa minggu terakhir terdapat 19 kota/kabupaten mengalami lonjakan kasus aktif Covid-19.

"Hasil pengamatan dan yang dilaporkan ada 19 kota atau kabupaten yang mengalami kenaikan kasus," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin  dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Sabtu (27/11/2021).

Menkes mengatakan terdapat 16 kota/kabupaten yang mengalami kenaikan berturut-turut selama dua pekan terakhir. Kemudian, dilanjutkan dengan wilayah Lampung Utara dengan kenaikan kasus selama tiga pekan berturut-turut. Kota/kabupaten lainnya yakni Fak-Fak (Papua Barat) dan Purbalingga (Jawa Tengah) yang mengalami peningkatan selama satu bulan terakhir.

Angka lonjakan kasus yang terjadi di 19 kota/kabupaten tersebut masih terbilang kecil. Kendati demikian, monitoring tetap harus dilakukan guna menghindari ledakan kasus kedepannya.

"Walaupun jumlahnya saat ini masih kecil dan positivity rate atau BOR masih rendah. Tapi kami tetap mengikuti daerah ini, agar tidak adanya kenaikan," ujarnya.

Kenaikan kasus ini, menurut Budi dikarenakan rendahnya tracing dan testing yang dilakukan. Selain itu, juga didukung oleh kurangnya kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Kami juga memperhatikan hal-hal apa yang harus diperbaiki di kota atau kabupaten tersebut, yaitu tracing dan testing-nya," tuturnya. 

Menurut Menkes,  kenaikan di  kota dan kabupaten  karena  disiplin untuk tracing dan testing-nya  sangat rendah.. 

Halaman:

Editor: Wisnu Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X