• Rabu, 1 Desember 2021

MUI Tolak Penamaan Jalan Mustafa Kemal Ataturk di Indonesia

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:59 WIB
Mustafa Kemal Ataturk
Mustafa Kemal Ataturk

FOKUSSATU.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta menolak secara tegas penamaan Mustafa Kemal Ataturk sebagai Nama jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. MUI beralasan, nama tokoh tersebut dinilai memiliki history buruk dimata umat muslim dunia. 

Seperti dikabarkan, rencana penamaan Jalan Mustafa Kemal Ataturk ini merupakan timbal balik nama Jalan Ahmed Sukarno di depan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, Turki.

Sebagai balas budi, pemerintah berencana untuk menamakan salah satu jalan di Jakarta dengan nama tokoh Turki tersebut. 

Baca Juga: Doa Turun Hujan Menurut Imam Syafii dan An Nawawi

Untuk itu, Ketua MUI DKI, KH Munahar Muchtar HS mengatakan, sebaiknya pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengkaji secara benar rencana pemberian nama Jalan Mustafa Kemal Ataturk.

"Ramainya wacana pembuatan jalan di Jakarta dengan nama Mustafa Kemal Ataturk atas nama pimpinan Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta, pertama meminta kepada pemerintah agar berpikir ulang untuk menabamakn jalan atas nama Mustafa Kemal Ataturk," kata Munahar dalam video yang beredar di kalangan wartawan di Jakarta, Selasa 19 Oktober 2021.

"Kenapa demikian? Yang pertama kita tahu sepak terjang seorang Mustafa Kemal Ataturk, dia adalah tokoh sekuler, yang banyak menyakiti umat Islam sepanjang kepemimpinannya di Turki. Dialah orang yang meminta bahkan memaksa umat Islam, agar mengganti Alquran dengan bahasa Turki mengganti azan dengan bahasa Turki, dan saat memimpin banyak ulama dan tokoh Islam yang dibunuh karena berseberangan dengannya," kata Munahar melanjutkan.

 Baca Juga: Duh, Macet Dimana-mana Kang Emil Imbau Ketatkan Prokes

Menurut Munahar, sepak terjang Mustafa Kemal yang banyak menyakiti umat Islam di Turki membuat umat Islam di dunia merasa tersakiti hingga kini.

Halaman:

Editor: Asep Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Karantina Rachel Vennya Segera Disidangkan

Selasa, 30 November 2021 | 20:50 WIB

Presiden Pastikan Stok Beras Nasional Cukup

Selasa, 30 November 2021 | 20:06 WIB

Arab Saudi Mulai Buka Umroh, Ini Persyaratannya

Senin, 29 November 2021 | 20:38 WIB

Kemenag Bahas Skenario Pelaksanaan Umroh

Minggu, 28 November 2021 | 20:32 WIB

Cegah Corona Varian Baru, Wakil Ketua DPR Usulkan Ini

Sabtu, 27 November 2021 | 22:55 WIB

Kasus aktif Covid Alami Lonjakan di 19 Kabupaten/Kota

Sabtu, 27 November 2021 | 20:22 WIB
X