• Minggu, 17 Oktober 2021

Cari Hari Baik Peresmian Kanim Cianjur, Sudjonggo Audiensi dengan Dirjenim Kemenkumham RI

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 23:52 WIB
Kakanwil Kemenkumham Jabar Sudjonggo dan Plt Dirjenim Kemenkumham Widodo Eka Tjahjana.  (Istimewa)
Kakanwil Kemenkumham Jabar Sudjonggo dan Plt Dirjenim Kemenkumham Widodo Eka Tjahjana. (Istimewa)

FOKUSSATU.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar) Sudjonggo melakukan audiensi dengan Plt. Direktur Jenderal Imigrasi (Dirjenim) Kemenkumham RI, Widodo Eka Tjahjana dalam rangka menentukan waktu Peresmian Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Cianjur (Selasa, 12/10/2021).

Dalam audiensi tersebut Sudjonggo juga didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tjondro dan Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas III Cianjur Denny Irawan.

"Audiensi ini, diharapkan menjadi langkah cepat dalam mewujudkan keinginan masyarakat Cianjur. Supaya dalam prakteknya masyarakat Cianjur tidak harus jauh-jauh ke Sukabumi maupun Bandung untuk membuat berbagai macam dokumen keimigrasian," jelasnya lewat rilis yang diterima redaksi, Selasa 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Usulan Fadli Zon Bubarkan Densus 88 Dinilai Kompolnas Hanya Angin Lalu

Sudjonggo menjelaskan, di era globalisasi seperti sekarang ini, keberadaan kantor imigrasi sangat penting, keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih di Kota dan Kabupaten Cianjur, yang wilayahnya sangat luas, dan jumlah penduduknya juga sangat banyak.

Hal itu dikarenakan, karena sekarang ini Kanim tidak hanya sekedar tempat untuk mengurus dokumen keimigrasian saja. Ke depan fungsinya akan sama dengan Kanim Kanim, yang lain. Yaitu untuk mengurus dokumen pemberangkatan Jemaah Haji dan TKI, dan lain sebagainya.

"Dengan semakin dekatnya pelayanan calon TKI, akan lebih mudah mengakses informasi untuk pemberangkatan secara legal dan sesuai prosedur Keimigrasian," katanya.

Baca Juga: Moeldoko Bantah Tudingan Lakukan Perburuan Rente Dihadapan Penyidik

Selain itu, tambah Sudjonggo, Kanim Kelas III Cianjur, nantinya juga bisa melakukan pengawasan terhadap TKA dan WNA dengan lebih mudah dan cepat. Mengingat di wilayah hukum Cianjur terdapat banyak destinasi wisata yang memungkinkan banyak WNA untuk berkunjung dan singgah.

Halaman:

Editor: Wisnu Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Saat Webinar, Ketua Bawaslu Diserang Hacker

Jumat, 15 Oktober 2021 | 01:24 WIB
X