• Minggu, 17 Oktober 2021

Prihatin Banyak Perusahaan Relokasi Keluar Jabar, APINDO Dukung Surat Edaran Gubernur Terkait Organisasi 

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:23 WIB
Ketua APINDO Jabar Ning Wahyu Astutik
Ketua APINDO Jabar Ning Wahyu Astutik

FOKUSSATU.ID -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: 163 KB.05.01.02/Perek, tentang Peningkatan Peran Sektor Industri Terhadap Pengembangan Ekonomi Daerah di Jawa Barat.  

Salah satu klausul dalam SE tersebut adalah imbauan agar perusahaan dengan jumlah karyawan diatas 200 pekerja harus menjadi anggota APINDO. Tujuannya agar usaha di Jabar terdata dengan jelas sehingga memudahkan koordinasi dan kerjasama berkaitan dengan ketenagakerjaan dan hubungan industrial.

Namun, klausul itu dianggap terlalu memberikan hak istimewa kepada APINDO sehingga menuai kritik dari organisasi lain.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan PON XX Papua Cabor Tarung Derajat, Perebutan 18 Medali Emas

Menurut Ketua Umum ASPANJI (Asosiasi Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia) dan PPEJB (Perkumpulan Pengusaha Engineering Jawa Barat)Yayat S Andhie, di Jawa Barat ini ada 52 asosiasi yang harus didukung Pemprov Jabar, apalagi semuanya adalah ALB (Anggota Luar Biasa) yang berada dibawah naungan KADIN.

"Kenapa hanya kepada APINDO saja?" ujarnya.

Menanggapi keluhan itu, Ketua APINDO Jabar Ning Wahyu Astutik menegaskan jika Ebyang dikeluarkan gubernur adalah atas usulan dari APINDO atas dasar keprihatinan banyak perusahaan-perusahaan yang relokasi dari Jabar tidak tercatat dan tidak terdeteksi, ataupun perusahaan yang tutup tanpa tercatat sebab musababnya. 

Baca Juga: Jokowi Izinkan Dana Kereta Cepat Jakarta Bandung dari APBN, DPRD Jabar Ikut Senang

"SE tersebut memang atas permohonan kami, APINDO, yang awalnya didasari oleh keprihatinan begitu banyaknya perusahaan yang relokasi, keluar dari Jabar dan tidak terdeteksi atau tercatat dengan baik. Juga banyak yang tutup tanpa diketahui sebab musababnya," kata Ning dalam siaran persnya, Selasa (12/10/2021).

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Saat Webinar, Ketua Bawaslu Diserang Hacker

Jumat, 15 Oktober 2021 | 01:24 WIB
X