• Minggu, 17 Oktober 2021

PKP Tawarkan Ini, Kepada Eks Pegawai KPK yang Ingin Mendirikan Partai Politik Baru

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 23:16 WIB
Said Salahudin
Said Salahudin

FOKUSSATU.ID - Keinginan eks pegawai KPK untuk mendirikan partai politik baru merupakan ide yang bagus. Tetapi itu bukan pekerjaan ringan. Perlu waktu lama. Kalau mau lebih cepat, PKP bersedia menyiapkan karpet merah untuk mereka.

Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) menyambut baik gagasan Rasamala Aritonang, mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin mendirikan partai baru.

"Memberantas korupsi lewat partai politik merupakan pilihan yang tepat," kata Sekjen DPN PKP Said Salahudin dalam rilis yang diterima redaksi, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Di Bekasi Angka Pengangguran Meningkat, 220 Ribu per September 2021

Masalahnya, kata Said, mendirikan parpol baru bukan perkara mudah. Untuk bisa menjadi peserta Pemilu sebuah parpol harus terlebih dahulu memenuhi segudang persyaratan untuk mendapatkan status badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Setelah berstatus badan hukum, jelas Said, masih ada seabrek syarat lain yang juga harus dipenuhi oleh partai baru agar dapat dinyatakan lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Nah, semua proses itu tidak bisa dilakukan dengan cepat. Akan menguras terlalu banyak energi. Padahal, agenda pemberantasan korupsi tidak bisa menunggu waktu.

Baca Juga: Pulang dari PON XX Papua, 30 Kontingen Jabar Masuk Karantina, Ini Penyebabnya

"Jadi, disamping keinginan untuk membentuk partai baru, menurut saya teman-teman yang punya reputasi baik dalam memberantas korupsi itu juga perlu menyiapkan opsi lain, misalnya bergabung dengan partai politik yang sudah siap mengikuti Pemilu 2024," bebernya.

Halaman:

Editor: Wisnu Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow, PKS Izinkan Kadernya Berpoligami

Kamis, 30 September 2021 | 15:00 WIB
X