Industri Dokumentasi Optimis Tumbuh Tahun ini. Usai Didera Masalah Pandemi Covid-19

- Selasa, 10 Januari 2023 | 16:39 WIB
Bisnis doiumentasi tahun ini diprediksi bakal kembali tumbuh, usai terganggu kebijakan PPKM
Bisnis doiumentasi tahun ini diprediksi bakal kembali tumbuh, usai terganggu kebijakan PPKM

FOKUSSATU.ID - Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia (Hipdi) menggelar Munas II Hipdi di Bandung, Selasa 10 Januari 2023.

Para pengusaha bakal memilih kepengurusan baru sambil menatap pertumbuhan industri dokumentasi masa depan yang sudah merambah digitalisasi.

Sekjen Hipdi Indro Kencana mengatakan selama dua tahun terakhir atau masa pandemi Covid telah memberikan dampak penurunan usaha yang relatif signifikan.

“ Survei yang kita lakukan diketahui bisnis industri dokumentasi anjlok hingga 90%. Itu karena ada kebijakan PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat). Sekarang, dengan PPKM yang sudah dicabut pemerintah itu harapannya industri bisa bangkit,” kata Indro.

Baca Juga: Pasar Jambu Dua Direvitalisasi, 330 TPS Mulai Dibangun Pekan Depan

Namun demikian, Hipdi mencatat di awal 2023 ini industri dokumentasi mulai menunjukkan momentum kebangkitan. Bahkan sudah mencapai 70 persen dari sejak awal pandemi dianggap berakhir.

Indro mengharapkan, kebangkitan itu bakal terjadi pada kuartal II 2023 setelah pemerintah mencabut kebijakan PPKM sejak akhir 2022.

Ia bahkan optimistis bisnis dokumentasi bakal melampaui bisnis sebelum pandemi mendera Indonesia, tahun 2021 lalu. " Bakal melonjak hingga 200%,” tambahnya. 

Sementara itu, Pj Ketua Hipdi Piron Faziarani mengatakan industri dokumentasi di Indonesia merupakan industri yang terus berkembang dan memberikan dampak bagi perekonomian negara. Kemampuan teknis foto dan video sebaiknya dibarengi dengan kemampuan dalam pengelolaan bisnis agar dapat bersaing secara profesional. 

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X