HOAX ! Telkom Nilai Ada Kejanggalan Data Pelanggan yang Diduga Bocor

photo author
- Senin, 22 Agustus 2022 | 14:39 WIB
Data bocor ?
Data bocor ?

FOKUSSATU.ID - Dalam beberapa hari terakhir, terutama di media sosial, muncul informasi terkait kebocoran dara prlanggan IndiHome. Namun pihak Telkom menyangkal kebenaran kabar tersebut.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza meragukan keaslian data-data yang diperjualbelikan hackers.

“Beberapa kejanggalan, misalnya alamat emailnya yang jadi sample itu @telkom.net. Kami saja di Telkom alamat emailnya @telkom.co.id. alamat email saya dan teman-teman di Telkom adalah @telkom.co.id. Telkom juga tidak pernah memberikan email address untuk pelanggan Indihome. Dari sana kok saya meragukan sekali,” jelas Ahmad Reza, Senin (22/8).

Baca Juga: Ramalan Feng Shui, Senin 22 Agustus bagi Shio Harimau, Kelinci, Tikus dan Kerbau. Ikuti Kata Hatimu

Menurut Reza, pihak Telkom telah dan masih terus melakukan langkah-langkah pengecekan dan investigasi mengenai keabsahan data-data tersebut. Dia menegaskan, data-data pelanggan Indihome bahkan oleh kalangan internal Telkom sendiri sulit diakses mengingat ada enkripsi dan firewall yang berlapis. “Saya pastikan data sampling salah,” ujar dia.

Reza menambahkan, jumlah pelanggan Indihome sebanyak 8 juta pelanggan, sedangkan data browsing history yang diklaim hackers sebanyak 26 juta data history.

Dia menduga, data-data history browsing tersebut diambil hackers karena adanya akses yang dilakukan pelanggan ke situs-situs terlarang yang mengandung malware. Oleh karena itu, Reza meminta agar pelanggan Indihome lebih bijak mengakses internet, dengan tidak mengakses situs-situs terlarang.

Baca Juga: Telkom Jawa Barat Berikan Reward Digital Channel Tahap I 2022 bagi Sobat hingga Mitra

“Dapat dipastikan bahwa Telkom berkomitmen menjamin keamanan data pelanggan dengan sistem kemanan siber yang terintegrasi dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama. Yang paling penting, Telkom tidak pernah mengambil keuntungan komersial apalagi memperjualbelikan data pribadi pelanggan,” tegas dia.

Sebagai perusahaan terbuka yang dual listing, Telkom mematuhi etika bisnis, compliance dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Kami akan terus berupaya meningkatkan pengamanan data pelanggan demi meningkatkan kenyamanan pelanggan. ***(011)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Teguh Fokussatu

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

OJK Gelar Porseni FKIJK 2025

Jumat, 19 Desember 2025 | 07:41 WIB
X