FOKUSSATU.ID - Guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025/1446H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital berjalan dengan optimal di seluruh wilayah Indonesia.
TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial.
Seluruh langkah ini sejalan dengan misi Asta Cita pemerintahan RI untuk mendorong terwujudnya inklusivitas digital, mengakselerasi transformasi digital, serta meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.
Baca Juga: Hadapi Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Kodim 0618 Kota Bandung Lakukan Apel Gelar Pasukan di Tegallega
Saat pertemuan dengan awak media di Bandung, pada Jumat (21/3), SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza memaparkan bahwa untuk memastikan kelancaran seluruh layanan telekomunikasi digital TelkomGroup selama periode RAFI di wilayah Bandung dan sekitarnya, Telkom Witel Bandung mengoperasikan Posko RAFI 2025 mulai 27 Maret hingga 8 April 2025 dengan total 914 personel posko lapangan yang bertugas.
Pada periode H-2 hingga H+2 lebaran, sebanyak 338 teknisi disiagakan secara intensif, sementara dalam rentang waktu H-7 hingga H+7 lebaran jumlah teknisi yang bertugas ditingkatkan menjadi 451 orang.
“Telkom menyiapkan sejumlah Posko Siaga RAFI untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap andal dan optimal bagi pelanggan, terutama dalam menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama periode RAFI,” tambah Reza.
Kenyamanan pelanggan, baik untuk pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode RAFI 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan.
Baca Juga: Indonesia vs Bahrain, Laga yang Harus Dimenangkan Patrick Kluivert
Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69juta pelanggan IndiHome, 590ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.
Secara nasional, TelkomGroup telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.
Pada periode RAFI tahun ini, diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28% dari periode sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.
Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian di seluruh Indonesia yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah.
TelkomGroup melakukan penguatan lebih dari 234ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel. Pada periode RAFI 2025, pelanggan TelkomGroup dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia. Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode RAFI sebelumnya atau 13.16% dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69.14 PetaBytes(PB) pada puncak RAFI 2025***(011)
Artikel Terkait
Bio Farma Terima Sertifikat Halal Vaksin BCG dari BPJPH
Banyak Akun Palsu Gubernur Jabar Dedi Mulyadi, Pemprov Ajak Masyarakat Waspadai Hoaks
BAZNAS Jabar Gandeng Z Auto Hadirkan Servis Gratis Jelang Program Mudik
Putra Anda Ingin Jadi Pemain Sepak Bola Handal, Buruan Daftarkan Ke Soccer Academi
Perhutani KPH Bandung Utara Bagikan Bantuan Sembako untuk Mitra Penyadap Getah Pinus
PO Bus Pariwisata Suryaputra Siap Beri Layanan Kebutuhan Masyarakat Saat Mudik Lebaran
Indonesia vs Bahrain, Laga yang Harus Dimenangkan Patrick Kluivert