Ridwan Kamil Luncurkan Jabar Super Apps, Satu Aplikasi untuk Semua Layanan Masyarakat

- Minggu, 18 Desember 2022 | 21:46 WIB
Launching aplikasi Jabar Super Apps yang di luncurkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.di GOR Pakansari, Minggu (18/12/2022).
Launching aplikasi Jabar Super Apps yang di luncurkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.di GOR Pakansari, Minggu (18/12/2022).

FOKUSSATU.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meluncurkan inovasi berbasis aplikasi yang menyajikan semua layanan kebutuhan masyarakat Jawa Barat.

Aplikasi yang diberi nama Jabar Super Apps ini bakal menjadi wadah baru pengguna gadget untuk mengurus berbagai urusan administrasi secara daring.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, Jabar Super Apps yang diluncurkan menjadi sejarah bagi Jawa Barat. Nantinya, semua aplikasi layanan yang ada menjadi terpadu dapat diakses oleh warga Jawa Barat.

Baca Juga: Garterana 2022, Pelajar SMAN 1 Kota Bogor Implementasikan P5

"Per hari ini yang bergabung satu aplikasi urusan perpajakan. Tahap berikutnya akan berkumpul semua urusan di satu aplikasi (Jabar Super Apps)," kata Ridwan Kamil usai melaunching Super Apps di GOR Pakansari, Minggu (18/12/2022).

Ia menambahkan, Jabar Super Apps juga hadir dengan menyederhanakan langkah-langkah penyelesaian, sehingga pelayanan lebih efektif dan efisien.

“Di Jawa Barat empat langkah sudah beres, di Jawa Timur tujuh langkah, di DKI Jakarta lima langkah. Semua ini dalam rangka menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi digital,” kata Kang Emil sapaan akrabnya.

Baca Juga: Review Gratisoe TV, Aplikasi Untuk Nonton Bola Gratis

Selain layanan perpajakan, lanjutnya, layanan berkaitan dengan kesehatan yang telah ada bakal dikonversi menjadi satu layanan kesehatan di Jabar Super Apps.

Termasuk urusan administrasi kependudukan hingga info lowongan kerja. "Kami juga sedang mempersiapkan layanan administrasi dengan kepolisian, agar semua terintegrasi dalam satu aplikasi,” jelasnya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bakal menyajikan layanan Sapa Warga, Sapa RW hingga Sapa Gubernur. Layanan itu diharapkan bakal menjadi wahana komunikasi antara warga dan perangkat pemerintahan.

"Mudah-mudahan dengan Jabar Super Apps, Jabar fokus membangun wilayahnya menjadi yang terbaik, sisanya diselesaikan secara digital, karena masyarakatnya digital," tandasnya.

Baca Juga: Karya Lukisan Uie Tampil di Pameran Seni Rupa Bogor

Penulis: Haris

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Jhon LBF Diduga Lakukan Penipuan Miliaran Rupiah

Minggu, 19 Februari 2023 | 23:40 WIB
X