• Sabtu, 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Agung Laksono : Popularitas Golkar di Sukai Kaum Milenial

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:05 WIB
Dr.,dr. H.R. Agung Laksono, politikus senior Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sejak 13 Desember 2019 lalu, menyebut realistis soal posisi partai Golkar di peringkat teratas oleh lembaga survei CSIS untuk kategori pemilih muda (generasi Z dan milenial)
Dr.,dr. H.R. Agung Laksono, politikus senior Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sejak 13 Desember 2019 lalu, menyebut realistis soal posisi partai Golkar di peringkat teratas oleh lembaga survei CSIS untuk kategori pemilih muda (generasi Z dan milenial)

 


FOKUSSATU.ID – Dinamika dan preferensi sosial politik pasca pandemi di tahun 2024 diperkirakan terus mengalami perubahan- perubahan yang cukup signifikan. Meski diperkirakan partai- partai besar masih diprediksi tetap kuat dan dominan untuk bersaing dalam penguasaan panggung politik 2024.

Hasil survei dari salah satu lembaga survei nasional, Centre For Stategic and International Studies (CSIS), beberap waktu lalu telah menyelesaikan survei opini publik skala nasional dengan tema “Orientasi Sosial Politik Pemilih Muda Menjelang Pemilu 2024”. Dengan target sampel dari survei ini adalah pemilih berusia 17-39 tahun yang diprediksi sebagai kelompok strategis dalam konstelansi politik nasional menjelang pemilu 2024.

Dari data BPS yang dikutip CSIS menyebut, populasi penduduk Indonesia pada sensus 2022 sebesar 270 juta. Dari total sensus tersebut, 41,06 % merupakan populasi penduduk Indonesia berusia 15-39 tahun dan bila dikonversi menjadi pemilih maka diperkirakan sekitar 54 % dari total pemilih. Artinya, proyeksi jumlah pemilih muda dalam pemilu 2024 (konversi dihitung berdasarkan basis jumlah pemilih) sebesar 190.022.169, sedang pemilih diatas 40 tahun hanya 46 % saja.

Baca Juga: Nasdem Pilih Sebagai Capres 2024, Begini Pidato Lengkap Anies

Adapun temuan dari hasil survei tersebut, lebih dominan dengan memuat demografi dan data opini pemuda (generasi z dan milenial) terkait isu seperti korupsi, kebijakan ekonomi, kesehatan, energi, dan lingkungan, terutama dalam kontek perubahan sosial politik yang dikondisikan oleh pandemic Covid-19. Dan partai Golkar menduduki peringkat teratas pada popularitas 94,0 dan kesukaan terhadap partai 75,9 disusul PDIP dengan popularitas 93,5 dan kesukaan 68,2 serta partai Gerindra popularitas 92,7 dan kesukaan 79,0. Kemudian disusul oleh partai Demokrat, Nasdem, Perindo, PAN serta PKS.

Untuk menindaklanjuti hasil survei tersebut, CSIS kemudian menggelar rillis survei dan diskusi publik secara luring yang megundang beberapa narasumber perwakilan legeslatif, di Auditorium CSIS Indonesia, Gedung Pakarti Centre, Jalan Tanah Abang III N0.23-27 Jakarta Pusat, Senin (26/09/2022).

Dr.,dr. H.R. Agung Laksono, politikus senior Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sejak 13 Desember 2019 lalu, pihaknya menyebut realistis soal posisi partai Golkar di peringkat teratas oleh lembaga survei CSIS untuk kategori pemilih muda (generasi Z dan milenial) menjelang pemilu 2024.

Baca Juga: Kuburan Kucing di Area Parkir, Polres Tasikmalaya Terjunkan Tin Inafis ke TKP

Pasalnya, partai Golkar sejauh ini tetap konsisten dalam kaderisasi, tidak hanya dikalangan senioritas. Sehingga dapat dipastikan popularitas partai lebih dikenal pemuda dan kaum milenial melalui kontinuitas sosial media. Bahkan untuk caleg kedepan di pusat maupun daerah sudah mulai adanya regenerasi, kata dia.

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Langsung Tancap Gas

Minggu, 20 November 2022 | 07:56 WIB

Capres Oligarki Bakal Tergerus 2024

Selasa, 1 November 2022 | 13:01 WIB
X