• Selasa, 9 Agustus 2022

Doni Salmanan Segera Huni Rutan Kebonwaru Bandung

- Selasa, 5 Juli 2022 | 23:51 WIB
Tersangka dugaan investasi bodong Doni Salmanan
Tersangka dugaan investasi bodong Doni Salmanan

FOKUSSATU.ID-Tersangka pelaku dugaan investasi ilegal lewat aplikasi Quotex Doni Salmanan segera menghuni  Rutan Kelas I Kebonwaru, Kota Bandung.

Pemindahan itu terjadi setelah Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri secara  resmi melimpahkan tersangka Doni Salmanan dan barang bukti kasus dugaan investasi ilegal  ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

Proses penerimaan pelimpahan ke kejaksaan  dilakukan di Kantor Kejaksaan Tinggi Jabar, Kota Bandung, Selasa (5/7/2022). Doni Salmanan juga hadir dalam pelimpahan tersebut. Dengan begitu, dia pun akan segera menjalani sidang.
"Kami telah menerima penyerahan tahap II tersangka dan barang bukti. Ini merupakan penyerahan tersangka dan barang bukti," ujar Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, Didi Suhardi.
"Karena locus delicti di PN Bale Bandung, maka perkara diteruskan ke Kejaksaan Negeri Bale Bandung," imbuhnya.

Baca Juga: Lengkapi Berkas Penahanan Doni Salmanan Diperpanjang

Penahanan sementara  terhadap Doni Salmanan tersebut dilakukan sebelum berkas dakwaan diserahkan kepada PN Bandung. "Jaksa memiliki waktu 20 hari untuk pelimpahan ke pengadilan. Secepatnya dilimpahkan. Masa penahanan 20 hari, diupayakan sebelum 20 hari akan dilimpahkan. Dakwaan sudah siap," ujar  Didi.

Barang bukti yang juga diserahkan Bereskrim Polri kepada Kejati Jabar akan disimpan sementara di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung.

"Barang bukti sebagian sudah disimpan di Kejari Bale Bandung dan sebagian dalam proses penyerahan, termasuk mobil mewah ke Kejari Bale Bandung," sambung Didi.
Didi berharap persidangan Doni Salmanan di Pengadilan Negeri Bandung dapat digelar secepatnya.

Doni Salmanan dijerat Pasal 45A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1) tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pasal 3, Pasal 5, Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan/atau Pasal 378 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.***014

 

Editor: Arismen Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rangkaian HUT RI dan HJKB, Ada Great Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:07 WIB
X