FOKUSSATU.ID - Seiring dengan berkembangnya teknologi, penipuan di ranah digital semakin marak terjadi. Tak terkecuali bagi para nasabah bank bjb. bank bjb juga selalu menjadikan kemanan data nasabahnya sebagai prioritas.
Saat ini, bank bjb telah menerapkan anti-fraud management system untuk menjamin kemanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi digital di bank bjb.
Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan nasabah agar terhindar dari penipuan di dunia maya. Pertama, adalah dengan memastikan bahwa informasi yang Anda peroleh terkait bank bjb, berasal dari channel komunikasi resmi perusahaan.
Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Jabar Melalui West Java Investment Summit 2021
Channel komunikasi resmi bank bjb meliputi : Akun media sosial resmi bank bjb yakni Instagram @bankbjb, Twitter @infobankbjb, dan Facebook bank bjb (akun media sosial bank bjb Official adalah akun verified yang bercentang biru) Call center resmi bank bjb di nomor 14049 Website resmi bank bjb https://www.bankbjb.co.id Email resmi untuk pengaduan nasabah bank bjb yakni [email protected]
Bila informasi yang diperoleh bersumber dari selain chanel di atas, masyarakat perlu mempertanyakan keasliannya.
Kedua, nasabah juga diimbau untuk tidak pernah memberikan informasi data rahasia kepada siapapun. Hal tersebut meliputi Nomor PIN (Personal Identification Number), User ID, Kode OTP (One Time Password), User ID, Kode Akses dan informasi juga nomor, Card Verification Value (CVV) yakni tiga digit terakhir dibagian belakang Kartu Kredit atau Debit, dan tanggal kadaluarsa (expire date) kepada pihak manapun.
Baca Juga: NOC Indonesia Mulai Investigasi Sanksi Larangan Pengibaran Merah Putih oleh WADA
Pihak bank bjb tidak pernah meminta informasi data tersebut melalui sarana media elektronik yang tidak aman.
"Nasabah juga diminta untuk tidak pernah memasukan User Id, Nomor PIN atau Password, Kode Akses, hingga Kode OTP dan nomor handphone pada suatu halaman web yang terbuka otomatis alias pop-up yang dikirim melalui link. Hal ini bisa jadi merupakan bagian dari penipuan berjenis phising," ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.
Bila menemukan link dan transaksi mencurigakan ataupun pihak yang mengatasnamakan bank bjb, nasabah dapat melapor kepada bank bjb melalui Call center resmi bank bjb di nomor 14049. ***
Artikel Terkait
West Java Investment Summit, Menyelarasakan Pembangunan Jabar Utara dan Selatan
Menpora RI Klarifikasi Sanksi WADA, Bentuk Tim Khusus
NOC Indonesia Mulai Investigasi Sanksi Larangan Pengibaran Merah Putih oleh WADA
Dorong Pemulihan Ekonomi Jabar Melalui West Java Investment Summit 2021