OJK Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Kades di Majalengka

- Sabtu, 26 November 2022 | 20:01 WIB
Kepala OJK Jabar Indarto Budiwitono
Kepala OJK Jabar Indarto Budiwitono

FOKUSSATU.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat Jawa Barat kali ini menyasar para kepala desa (Kades).

OJK menyelenggarakan edukasi keuangan kepada 200 kepala desa di Kabupaten Majalengka yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) pada hari Sabtu, 26 November 2022 di Universitas Majalengka.

Mengangkat tema “Literasi Keuangan dan Implementasi Desa Digital” disertai penandatanganan kerjasama pengelolaan keuangan desa secara online antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Majalengka dengan BJB.

Baca Juga: Potato Custard Eggless Bread, Ini Sajian Spesial Unik Keluarga di Moment Weekend

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI Jefry Romdonny, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala OJK Cirebon M. Fredly Nasution, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Majalengka Andik Sujarwo, Rektor Universitas Majalengka Indra Adi Budiman, Pemimpin KC BJB Majalengka Aditya Sofana dan Pemimpin Grup Dana Jasa BJB Megi Nurdayani Sari.

Dalam sambutannya, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono menyampaikan bahwa penggunaan produk dan jasa keuangan merupakan salah satu yang tidak terlepaskan dalam kehidupan sehari-hari dan kemajuan teknologi memungkinkan penyedia layanan keuangan untuk menghadirkan produk dan jasa keuangannya secara lebih cepat, fleksibel dan efisien.

Namun perlu diwaspadai risiko yang timbul, yakni kurangnya pengetahuan yang dapat membawa kepada keputusan pemilihan produk yang salah, tidak sesuai kebutuhan dan malah merugikan. Oleh karena itu, literasi keuangan harus ditingkatkan agar terhindar dari risiko-risiko tersebut.

Baca Juga: MANTAP! Jabar Hattrick Juara Umum Porwanas, Jadi Pemilik Tetap Piala Presiden

“Hasil Survei Nasional Literasi Inklusi Keuangan 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Jawa Barat sebesar 56,10 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 37,43 persen. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi seluruh pihak untuk membantu menyampaikan pemahaman kepada masyarakat terkait produk dan jasa keuangan,” lanjut Indarto.

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X