• Selasa, 9 Agustus 2022

Kapolri Terima Kenaikan Pangkat Dari Kombes Hingga Jenderal Bintang Tiga

- Kamis, 30 Juni 2022 | 01:19 WIB
Kapolri terima kenaikan pangkat dari Kombes hingga Jenderal
Kapolri terima kenaikan pangkat dari Kombes hingga Jenderal

FOKUSSATU.iD-Sebanyak 15 perwira tinggi Polri  mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan kenaikan pangkat 15 perwira tinggi (Pati) Polri itu  di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakab 5 perwira tinggi Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi itu terdiri dari delapan orang dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi jenderal baru alias Brigadir Jenderal (Brigjen) di Korps Bhayangkara.
"Untuk Pati Polri ada 15, kemudian rinciannya satu Komjen ini pak Dankorbrimob kemudian enam Irjen atau pati bintang dua, kemudian delapan Brigjen," ujar  Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (29/6/2022)

Disebutkan bahwa  salah satu pati yang naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal (Komjen) adalah Komandan Korps Brimob (Dankorp Brimob) Komjen Pol Anang Revandoko.

Untuk korps raport perwira menengah (Pamen) di seluruh Indonesia ada 110, kemudian AKBP ada 443 dan Kompol ada 303. Sedangkan kenaikan pangkat untuk perwira pertama ada AKP sebanyak 205 orang, Iptu 572 dan Ipda 597.

Baca Juga: Netizen Kirim Video Penderita Tumor di kaki ke Medsos Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Jenguk Shinta Aulia

Selain menaikkan pangkat para pati, pamen dan perwira pertama, lanjut  Dedi, Kapolri juga menaikkan pangkat PNS Polri menjadi golongan empat atau setingkat jenderal bintang satu. Jumlahnya ada dua PNS Polri yang naik ke golongan IV. Keduanya  dr Jozyta Rachman, spesialis THT, dan dr Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa. Mereka  dokter perempuan di Pusat Kedokteran Kesehatan (Pusdokes) Polri.
Kata  Dedi, kenaikan golongan PNS Polri ini seiring dengan peningkatan dan penguatan status struktur organisasi Pusdokes Polri, yang tadinya dipimpin jenderal bintang satu (Brigjen) menjadi jenderal bintang dua (Irjen).

Penguatan struktur organisasi Pusdokes Polri terkait dengan kondisi pandemi COVID-19 yang berlangsung di Indonesia, di mana tenaga medis Polri diberbantukan dalam penanganan dan pengendalian COVID-19.

Penguatan Pusdokkes ini,jelas dia,  merupakan hal yang penting, dua tahun penanganan COVID-19 oleh karenanya dibuka ruang jabatan lagi untuk Pusdokkes, dua jabatan bintang satu ini diisi oleh PNS. "PNS ini sudah mumpuni, memiliki pendidikan tinggi. Karena udah mumpuni jabatan yang tersedia dinaikkan, ini kebijakan Bapak Kapolri,” tandas Dedi.***014

Editor: Arismen Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Barat Tuan Rumah Rakernas I ASLABKESDA 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:10 WIB
X