Ribuan Produk UMKM Bakal Ikut Ramaikan Ajang MotoGP di Mandalika

photo author
- Selasa, 8 Maret 2022 | 10:45 WIB
Produk UMKM bakal ramaikan MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022
Produk UMKM bakal ramaikan MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022

FOKUSSATU.ID - MotoGP Mandalika, Lombok bakal berlangsung mulai 18-20 Maret 2022 mendatang. Event olahraga internasional ini bakal mendatangkan ribuan wisatawan.

Wisatawan yang datang menjadi salah satu bidikan KemenKopUKM untuk menasarkan produk lokal Indonesia.

Rencananya, KemenKopUKM akan menghadirkan lebih dari 1.500 pelaku atau produk UMKM di ajang MotoGP Mandalika.

Baca Juga: Berlaku Hari Ini ! Berikut Aturan Pemberlakukan PPLN di Bali

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan pameran untuk lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 Provinsi di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam ajang MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. 

"Produk yang akan ditampilkan yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages. Dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak, lebih dari 1.500 UMKM akan menampilkan produknya pada event MotoGP Mandalika," ungkapnya dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3), dilansir dari kemenkopukm.go.id

Menteri Teten melanjutkan bahwa pada 2021 lalu, industri otomotif juga mengalami peningkatan sebesar 17,82%, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri.

Baca Juga: Ramalan Feng Shui Hari Ini, 8 Maret 2022 bagi Shio Ayam, Anjing dan Babi

Hal ini menunjukkan bahwa demand pasar otomotif masih tinggi. Dia menambahkan, membaiknya industri otomotif secara otomatis mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM. 

"UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai suplier part atau komponen kendaraan. Sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini," ucapnya.

Event MotoGP, sambungnya, merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM untuk promosi. UMKM Indonesia dikatakan harus menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas. 

Baca Juga: Jadwal Liga Champions, Liverpool vs Inter Milan. Rabu Dinihari Pukul 03.00 WIB

"Event Pameran UMKM Otomotif dan Travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika, kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global," tutur lnya.

Menteri Teten menegaskan, ajang MotoGP Mandalika harus digunakan sebagai ajang promosi bagi produk UMKM, pariwisata dan investasi. Dia pun menginginkan terwujudnya peta jalan terukur untuk promosi ini agar 10 tahun ke depan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Indonesia dapat menaikkan target industri otomotif termasuk UMKM. ***(011)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

OJK Gelar Porseni FKIJK 2025

Jumat, 19 Desember 2025 | 07:41 WIB
X