• Rabu, 1 Desember 2021

Ini Saran DPRD Jabar Soal kendala Tol Cisumdawu

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:18 WIB
anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady
anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady

FOKUSSATU.ID- Tol Cisumdawu  akses yang sangat dibutuhkan warga Bandung Raya, hingga kini belum selesai. Problemnya adalah kendala lahan. Karena itu, pekerjaan besarnya adalah  membereskan lahan.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady mengatakan kendala lahan ini harus segera dibereskan agar akses jalan yang dibutuhkan warga Bandung itu cepat selesai.
"PR besar buat Cisumdawu ya,  lahan dulu beresin baru bisa bangun konstruksi," ujar Daddy.

"Kalau lahan beres cepat, mungkin akhir 2022 baru tol Cisumdawu rampung. Sekali lagi, kalau lahannya beres," sambung dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) blak-blakan penyebab Tol Cisumdawu, molor hampir 10 tahun. Proyek jalan bebas hambatan tersebut dibangun mulai November 2012.

Baca Juga: Ada Fosil di Waduk Saguling, Tim ITB Temukan Fakta Keberadaan Hewan Purba

Bila Tol Cisumdawu beres, moda transportasi jalan darat ini akan menjadi denyut nadi bagi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB )Kertajati, namun hingga kini belum kunjung rampung.

"Yang sekarang ini menjadi isu besar adalah bagaimana meningkatkan konektivitas ke ke Bandara Kertajati, ini terhambat oleh Cisumdawu, ini sudah hampir 10 tahun belum selesai," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rakornis Perhubungan Darat, Kamis (8/4/2021).

Dia menjelaskan beberapa permasalahan yang menghambat pembangunan tol Cisumdawu tersebut, yaitu masalah lahan dan investasi. Soal investasi, dia tak menjelaskan seperti apa duduk perkaranya.

"Tol Cisumdawu yang sudah hampir 10 tahun ini belum tuntas karena permasalahan-permasalahan lahan dan juga permasalahan-permasalahan investasi," ungkapnya.***

Halaman:

Editor: Wisnu Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Karantina Rachel Vennya Segera Disidangkan

Selasa, 30 November 2021 | 20:50 WIB

Presiden Pastikan Stok Beras Nasional Cukup

Selasa, 30 November 2021 | 20:06 WIB

Arab Saudi Mulai Buka Umroh, Ini Persyaratannya

Senin, 29 November 2021 | 20:38 WIB

Kemenag Bahas Skenario Pelaksanaan Umroh

Minggu, 28 November 2021 | 20:32 WIB

Cegah Corona Varian Baru, Wakil Ketua DPR Usulkan Ini

Sabtu, 27 November 2021 | 22:55 WIB

Kasus aktif Covid Alami Lonjakan di 19 Kabupaten/Kota

Sabtu, 27 November 2021 | 20:22 WIB
X