• Minggu, 17 Oktober 2021

Siklon Tropis Kompasu Berdampak Pada Intensitas Hujan

- Senin, 11 Oktober 2021 | 19:00 WIB

FOKUSSTU.ID- Siklon Tropis Kompasu Terpantau di belahan bumi utara Indonesia. Laporan Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) menyebutkan  per hari ini Senin (11/10/2021) masih terdapat Siklon Tropis Kompasu

Pada 8 Oktober 2021, BMKG melaporkan ada dua siklon tropis yang terpantau di belahan bumi utara. Antara lain, Siklon Tropis Lionrock dan Siklon Tropis Kompasu.

Menurut BMKG  Siklon Tropis Kompasu terpantau berada di Laut Filipina sebelah timur Laut Filipina. 

Tepatnya di 18.7° LU, 124.5° BT (sekitar 1710 km sebelah utara Tahuna). Kemudian, bergerak ke arah barat barat laut dengan kecepatan 20 km/jam.

"Diprediksi intensitas Siklon Tropis Kompasu persisten 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat," demikian  keterangan BMKG yang diterima, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Sudah Seminggu, Banjir Masih Genangi 10 Kecamatan di Sintang Kalbar, Ini Penjelasannya

Di kesempatan yang sama, BMKG menjelaskan, Siklon Tropis Kompasu memberikan dampak tidak langsung dalam 24 jam ke depan terhadap kondisi cuaca di wilayah Tanah Air.

Berupa potensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kemudian, potensi angin kencang di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Natuna dan Kepulauan Sangihe Talaud.

Berikutnya, gelombang laut dengan ketinggian 1.25-2.5 meter di Selat Makassar bagian utara, Laut Sulawesi bagian barat dan tengah, Perairan Kep Sangihe dan Kep Talaud.

Halaman:

Editor: Wisnu Fokussatu

Tags

Terkini

Saat Webinar, Ketua Bawaslu Diserang Hacker

Jumat, 15 Oktober 2021 | 01:24 WIB
X