FOKUSSATU.ID, BANYUWANGI - bank bjb menerima Sertifikat Penerapan Sistem Manajemen dan Produk berbasis Elektronik dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) atas Sertifikat ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan.
Sertifikat tersebut diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan bank bjb Cecep Trisna, dalam ajang Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian dengan tema ‘Peningkatan Layanan Akreditasi Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik’ yang diselenggarakan pada Kamis (25/4/2024).
Sertifikat ini juga diberikan berkat bank bjb berkomitmen untuk menerapkan sistem elektronik yang efisien dalam menjalankan proses bisnis demi memberikan pelayanan prima bagi nasabahnya.
Baca Juga: bank bjb Dukung dan Sukseskan Gelaran Penarikan Undian Simpeda
Sejalan dengan komitmen tersebut, bank bjb bersama anak usahanya yaitu bank bjb syariah mencatatkan diri sebagai perbankan pertama yang berhasil memperoleh sertifikasi terakreditasi KAN tersebut dan menjadi penanda komitmen perusahaan dalam menjalankan proses bisnis dan manajemen dengan transparan dan mendukung upaya pemerintah dalam menjalankan sistem operasional lembaga dan perusahaan berbasis elektronik.
"Serifikat ini menjadi bagian dari langkah perusahaan untuk menjaga organisasi senantiasa berintegritas, dan juga pelaksanaan bisnis dapat berjalan dengan efisien," ucap Widi Hartoto, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb.
Lebih lanjut Widi menjelaskan, bank bjb selama ini telah menjalankan praktik bisnis dengan pendekatan elektronik sehingga memberikan berbagai kemudahan kepada nasabah, sekaligus juga menjadikan proses bisnis dapat dijalankan dengan efisien.
Baca Juga: Tim Bola Voli Bandung BJB Tandamata Optimis Meraih Hasil Maksimal di Proliga 2024
Sosialisasi terhadap penerapkan praktik bisnis berbasis elektronik, sesuai anjuran pemerintah, juga akan terus dilaksanakan kepada seluruh insan bank bjb guna menjaga komitmen dan integritas dalam proses bisnis.
"Diharapkan Sertifikat Penerapan Sistem Manajemen dan Produk yang diterima dapat menjadi semangat bagi kami untuk senantiasa menjalankan tata kelola perusahaan yang efisien, berintegritas, sebagaimana yang telah diterapkan selama ini," ucap Widi.
Sejatinya, bank bjb telah menjalankan praktik bisnis berbasis elektronik, antara lain dengan mengimplementasikan pengurangan penggunaan kertas dalam operasionalnya. Hal itu dilakukan selain agar proses bisnis lebih efisien, juga untuk mendukung praktik bisnis yang peduli dengan Environmental, Social and Governance (ESG) guna menjaga keberlangsungan lingkungan serta sosial dalam jangka panjang.
Baca Juga: Siap Raih Juara, Berikut Susunan Tim Bola Voli Putri Bandung BJB Tandamata di Ajang Proliga 2024
Upaya bank bjb dalam menerapkan praktik berbasis elektronik, juga dilakukan dengan meningkatkan pemanfaatan media elektronik untuk promosi dan pemasaran. Dalam hal penyampaian laporan perusahaan dan pengisian formulir, bank bjb telah beralih secara elektronik dengan melalui mengembangkan sistem atau aplikasi seperti sistem QR Code dan aplikasi SP2D Online, E-Samsat, dan E-Form.
Perseroan juga meluncurkan aplikasi bjb Knowledge Management System (KMS) dan penggunaan aplikasi bjb Virtual Office untuk keperluan korespondensi dan/atau surat-menyurat di lingkungan internal bank.