• Minggu, 16 Januari 2022

Kenali 5 Gejala Sering Mengantuk saat Beraktivitas, Mungkin Anda Idap Penyakit Narkolepsi

- Kamis, 2 Desember 2021 | 10:48 WIB
Kenali 5 Gejala Sering Mengantuk saat Beraktivitas (Sumber Foto: Alodokter)
Kenali 5 Gejala Sering Mengantuk saat Beraktivitas (Sumber Foto: Alodokter)

FOKUSSATU.ID Sering mengantuk dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurangnya jam tidur, kelelahan, hingga penyakit tertentu. Bagi tubuh, tidur sama pentingnya dengan makan dan minum. Sayangnya, banyak dari kita yang mengabaikan kualitas dan kuantitas tidur.

Kerugian yang didapat dari kurang tidur atau sering mengantuk adalah rentan melakukan kesalahan dalam pekerjaan atau aktivitas karena mengganggu konsentrasi. Selain itu, gangguan tidur juga berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena depresi dan gangguan cemas.

Seseorang juga menjadi lebih berisiko berbuat kesalahan dan mengambil keputusan yang tidak tepat. Itulah mengapa mengantuk karena kurang tidur sering menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan saat bekerja atau saat berkendara.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga1, Persebaya vs Barito Putera, Sabtu 4 Desember

Gangguan tidur yang umumnya membuat banyak orang mengantuk saat beraktivitas adalah penyakit insomnia dan sleep apnea (kondisi terganggunya pernapasan ketika tidur).

Namun, selain masalah diatas, hal berikut juga bisa menjadi faktor penyebab kurangnya waktu tidur seseorang, yang dilansir dari laman Alodokter.

1. Depresi

Salah satu gejala depresi adalah sering mengantuk. Selain itu, orang yang mengalami depresi juga dapat merasa kurang berenergi, hilangnya semangat hidup, kehilangan minat dan ketertarikan dalam menjalani aktivitas yang sebelumnya digemari, merasa cemas, hingga munculnya ide bunuh diri.

Baca Juga: BRI Liga 1, Fokus Persija Kini untuk Hadapi Persikabo

2. Konsumsi minuman alkohol

Halaman:

Editor: Fazar

Sumber: alodokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fico Akui Pakai Narkoba, Polisi Buru Pemasoknya

Jumat, 14 Januari 2022 | 22:41 WIB

Komika Fico Tersangka Narkoba

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:42 WIB

Kejari Geledah Rumah Mewah Irwansyah, Nah Lho Ada Apa

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:42 WIB

Musisi Ardhito Pramono Positif Narkoba

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:55 WIB
X