• Rabu, 1 Desember 2021

Waspada, 5 Jenis Penyakit Kelamin Berbahaya yang Dialami Pria Dan Wanita

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:03 WIB
5 Jenis Penyakit Kelamin Berbahaya yang Dialami Pria Dan Wanita (Foto: Ilustrasi)
5 Jenis Penyakit Kelamin Berbahaya yang Dialami Pria Dan Wanita (Foto: Ilustrasi)

FOKUSSATU.ID - Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang di alami pria maupun wanita. Terlebih jika lalai dalam menjaga kebersihan organ intim atau melakukan seks gonta-ganti pasangan tanpa pengaman yang kian memicu penularan penyakit kelamin.
Dari semua jenis penyakit kelamin yang ada, nyatanya ada beberapa penyakit kelamin paling berbahaya yang memiliki risiko paling tinggi, sulit disembuhkan, hingga mengancam jiwa penderitanya. Apa saja itu.

Ketika hal tersebut terjadi, bakteri, jamur, dan parasit akan bersarang pada organ intim dan menimbulkan sejumlah penyakit kelamin berbahaya. Berikut 5 jenis penyakit kelamin yang perlu diketahui:


1. Bartholinitis

Bartholinitis merupakan kelenjar yang terletak pada kedua sisi mulut vagina. Kelenjar inilah yang mengeluarkan pelumas ketika berhubungan intim berukuran sangat kecil, dan tidak terdeteksi oleh mata atau tangan. Bartholinitis dapat menjadi salah satu penyakit kelamin berbahaya jika terinfeksi oleh bakteri, sehingga terjadi penyumbatan dan pembengkakan. Jika hal tersebut terjadi, kista bartholin akan terbentuk. Ketika hal tersebut terjadi, pengidap akan mengalami serangkaian gejala, seperti demam, sakit saat berjalan, atau sakit saat berhubungan seksual.

Baca Juga: Video Komika McDanny Diduga Hina Habib Rizieq Shihab, Kuasa Hukum HRS Angkat Bicara

2. Herpes Genital

Herpes genital (HSV) terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama umumnya menyerang bagian pinggang ke atas. Sedangkan jenis kedua umumnya menyerang bagian pinggang ke bawah. Pada pengidapnya, HSV akan menimbulkan gejala, seperti sensasi rasa terbakar pada bagian kulit yang mengalami luka. Kemudian, gejala akan diikuti dengan rasa tidak enak badan, sakit kepala, cepat kelelahan, demam, dan nyeri otot.


3. Kanker Serviks

Hingga saat ini, penyakit kanker serviks masih menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian terbesar pada wanita di dunia. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan kanker leher rahim, yang disebabkan oleh virus HPV yang telah berkembang selama 10-20 tahun belakangan ini.

Halaman:

Editor: Wiera Fokussatu

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X