• Selasa, 9 Agustus 2022

Jika Seorang Hamba Meninggalkan Sholat, Dosa Tersebut Bisa Ditebus? Adalah 2 Cara Menurut Syekh Ali Jaber

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:07 WIB
Kajian Islam, Syekh Ali Jaber (Tangkapan Layar / youTube)
Kajian Islam, Syekh Ali Jaber (Tangkapan Layar / youTube)

FOKUSSATU.ID - Sudah merupakan suatu ketetapan Allah SWT diciptakannya surga dan neraka sebagai ganjaran perbuatan hamba-NYA, selama hidup di dunia.

Dalam Al Quran Surat Muhammad Ayat 15 dilukiskan gambaran keadaan surga dan neraka secara simbolis. Dalam ayat ini dijelaskan juga sifat-sifat surga.

Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong? (QS Muhammad: 15).

Baca Juga: Ingin Segera Miliki Keturunan, Syekh Ali Jaber: Amalkan Doa Pendek Dahsyat Ini

Diriwayatkan oleh Ahmad, At-Tirmidzi, dan lain-lain dari Mu'awiyah bin Haidah, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Di surga ada lautan susu, lautan air, lautan madu, dan lautan khamar, kemudian mengalirlah sungai-sungai dari lautan-lautan itu." (Riwayat Ahmad, At-Tirmidzi, dan lain-lain dari Mu'awiyah bin Haidah).

Lantas dilansir dari kanal youtube Syeikh Ali Jaber dikatakan, sebuah amalan yang pertama akan dilakukan hisab adalah solat. Jikalau seorang hamba meninggal dunia, amalan pertama yang akan dihisab saat di alam barzah (kubur) adalah solat.

Karena begitu pentingnya solat, hingga solat dikatakan sebagai tiang agama, lantas apakah jika seorang hamba meninggalkan solat, dosa tersebut bisa ditebus?

Baca Juga: Tahun 1920 ITB Didirikan Dengan Nama THS, Simak Sejarah Perguruan Tinggi Teknik Pertama di Hindia Belanda

Ali Jaber mengatakan dalam sebuah kajian islamnya, dalam Islam tidak ada mengganti sholat yang sudah lama ditinggalkan.

Halaman:

Editor: Fazar

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Sebelum Minum Air Zam zam

Senin, 11 Juli 2022 | 16:49 WIB

Begini Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha

Minggu, 10 Juli 2022 | 01:02 WIB

Bacaan Niat Puasa Arafah dan Kautamaannya

Jumat, 8 Juli 2022 | 11:40 WIB

Ini Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Dzhijjah

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:09 WIB
X