• Selasa, 9 Agustus 2022

Indonesia Bersiap Mendapat Untung Besar, Hutang Luar Negeri Terbayar

- Rabu, 29 Juni 2022 | 13:33 WIB
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia (Foto: Tangkapan Layar)
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia (Foto: Tangkapan Layar)

FOKUSSATU.ID - Tingginya beberapa harga komoditas internasional saat ini, tentunya menjadi dampak positif bagi Indonesia. Pasalnya, dalam kondisi sekarang dengan lonjakan harga komoditas internasional ini, tetntunya memberikan tambahan penerimaan negara yang besar, bahkan bisa membantu cicilan utang pemerintah.

Mulai dari harga batu bara yang kembali menggila dalam dua pekan terakhir, hingga harga minyak mentah yang justru kian merosot dalam dua pekan terakhir.

Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Indonesia, saat ini harga batu bara terus menanjak akibat peningkatan permintaan hingga sempat hampir menyentuh US$ 400/ton.

Baca Juga: INFO Jadwal SIM Keliling Kota Depok Hari Rabu 29 Juni 2022, ini Lokasinya

Harga batu bara yang tinggi, ditambah minyak mentah yang merosot, tentunya memberikan keuntungan bagi Indonesia. Pendapatan dari ekspor batu bara meningkat, sebaliknya beban impor minyak mentah berkurang.

Sepanjang pekan lalu, harga batu bara kontrak dua bulan di Ice Newcastle Australia melesat nyaris 8% ke US$ 387/ton. Sementara dalam dua pekan terakhir total kenaikannya sebesar 12,2%.

Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di pekan lalu tercatat turun 1,8% ke US$ 107,62/barel, setelah sebelumnya sempat jeblok nyaris ke bawah US$ 100/barel.

Baca Juga: Inisiatif, Dua Gerai Holywings di Kota Bandung Tutup Operasional

Dalam dua pekan, total minyak WTI jeblok lebih dari 10%. Sementara itu minyak jenis Brent merosot 7,3%. Hal ini disebabkan tingginya inflasi membuat Eropa hingga Amerika Serikat terancam mengalami resesi.

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X