FOKUSSATU.ID - Pos Indonesia menggelar PosAja! UMKM Fest 2024 di Pos Bloc Surabaya, Jalan Kebon Rojo, Kota Surabaya, Jawa Timur pada Rabu 17 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti sekitar 300 usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur.
Pada festival tersebut, juga digelar peluncuran PosAja UMKM dan UMKM Centre di Pos Block Surabaya. Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar UMKM Jawa Timur, workshop UMKM, serta sesi tanya jawab menghadirkan sejumlah pemateri yang ekspert di bidangnya.
Setiap pemateri menyampaikan materi selama 30 menit, diikuti sesi tanya jawab selama 20 menit. Workshop mengangkat tema tentang UMKM Wajib Sertifikasi Halal; Pentingnya Digitalisasi UMKM; UMKM Kuat, Keuangan Sehat; Rahasia Memikat Investor; Strategi Sukses Jualan di e-Commerce; Fast Track UMKM Siap Ekspor; dan Lebih Cuan Jualan Pakai Live Commerce.
Baca Juga: Piala Presiden 2024. Persib vs PSM Makasar Menjadi Laga Pertama
“Acara ini diikuti sekitar 300 pelaku UMKM dari seluruh Provinsi Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk membantu promosi produk UMKM yang ada di Jawa Timur,” kata Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi.
Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Pos Indonesia memajukan UMKM di Indonesia. Di mana, UMKM memiliki peran besar dalam dalam pembangunan ekonomi. UMKM memiliki keunggulan seperti biaya rendah, fokus yang spesifik, kemampuan berinovasi cepat, dan fleksibilitas tinggi.
“UMKM juga berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, di mana 99% kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan oleh UMKM,” kata dia.
PosAja! UMKM Fest 2024 diinisiasi oleh PosIND. Selain menarik pelaku UMKM, festival ini juga memadukan berbagai aktivitas seperti workshop, bazar, dan hiburan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM serta memberikan edukasi mengenai entrepreneurship.
Baca Juga: Besok, Piala Presiden 2024 Dimulai , Hadiah Rp 5 Miliar bagi Sang Juara
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dan masyarakat umum mengenai kebijakan pemerintah terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.
“Melalui kegiatan ini, kami berharap pelaku UMKM yang belum paham legalitas usaha dan membutuhkan
informasi kebijakan pemerintah dalam berusaha bisa didapatkan di festival ini, sehingga para pelaku UMKM dapat naik kelas dan go global,” imbuh dia.
Senior VP Retail Business Pos Indonesia W Lily Selanno mengatakan, Pos Indonesia telah lama melibatkan UMKM dalam berbagai kegiatan usaha. Salah satunya pada program PosAja melibatkan ribuan mitra menjadi Agen Pos, O-Ranger, dan Drop Point.
Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi mengulas tentang perkembangan digital dan strategi penjualan di Shopee, Shopee hadir bagi UMKM, dan kiat sukses berjualan di Shopee. ***(011)