FOKUSSATU.ID - Gelaran showcase UMKM Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024 resmi ditutup. Event kolaboratif yang telah berjalan selama 3 hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 Juni ini mencatat penjualan fantastis.
Rangkaian kegiatan secara resmi ditutup oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dan dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Achris Sarwani, serta Pj Ketua Dekranasda Jawa Barat, Amanda Soemedi.
Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Achris Sarwani, dalam sambutannya menyampaikan rangkaian kolaboratif KKJ – PKJB 2024 mencatat total transaksi penjualan sebesar Rp3,56 M dan penyaluran kredit UMKM perbankan sebesar Rp64,58 M dari 325 UMKM.
Baca Juga: Faisal Haris : Kota Bandung Harus Menjadi Ibu Kota yang Sesungguhnya
Penjualan produk UMKM binaan BI Jawa Barat dan Dekranasda Jawa Barat ini tentunya tidak berakhir pada hari ini saja, transaksi pembelian produk UMKM Jawa Barat yang ikut serta dalam pameran ini tetap dapat dilakukan melalui platform Tokopedia yang masih akan berlangsung hingga 27 Juli 2024.
"Adapun total pengunjung hingga hari ketiga berjumlah kurang lebih 65.000 pengunjung dengan 45.200 offline dan 19.800 online," jelasnya.
Dengan tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi Hijau, Keuangan Digital dan Inklusif Serta Iklim Investasi untuk Kemandirian Ekonomi Jawa Barat Yang Berkelanjutan” dan tagline “UMKM GASPOL”, showcase KKJ dan PKJB 2024 diikuti hingga 117 UMKM di bidang fahion dan craft, 72 UMKM makanan-minuman, 21 artisan teh, 30 UMKM hijau yang terdapat pada booth greenovators in action.
Hadir pula berbagai booth edukatif, booth layanan ekspor, dan booth layanan kependudukan & layanan terpadu satu pintu (NIB, halal, HAKI, BPOM). Selain itu, juga terdapat tenant UMKM KKJ online yang terdiri dari 46 UMKM fashion, craft, dan home décor, serta 38 UMKM makanan-minuman, dan 2 UMKM personal care.
Baca Juga: Putra Mantan Presiden RI BJ Habibie, Maju Pilgub Jabar 2024 Didukung Nasdem
Kegiatan KKJ-PKJB 2024 juga turut dimeriahkan dengan berbagai kompetisi mulai dari kompetisi memasak pangan olahan, Cinta Bangga Paham Rupiah championship, West Java Young Fashion Designer Competition; talkshow edukatif, dan hiburan khas Jawa Barat.
Hadir pula berbagai talkshow yang meningkatkan pemahaman mengenai pariwisata Jawa Barat, UMKM go export, pelindungan konsumen, serta pengelolaan keuangan melalui prinsip syariah, dan tentunya berbagai hiburan dari musisi terbaik daerah dan nasional yang juga berasal dari Jawa Barat.
Kegiatan KKJ-PKJB tahun 2024 juga dirangkaikan dengan penyelenggaran Java Tea Festival sebagai wahana edukasi dan promosi produk specialty tea dan artisan tea dari berbagai daerah di Pulau Jawa, sebagai upaya untuk mengembalikan budaya “ngeteh” di Indonesia, terutama di Jawa Barat yang secara khusus terkenal akan kemampuan produksi teh yang terbesar di Indonesia.
Tak hanya itu, sebagai flagship event wilayah Jawa Barat, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan West Java Industrial Meeting sebagai forum sinergi pemerintah daerah dengan industri dan linkage dengan UMKM dalam rangka penguatan local value chain.
Baca Juga: Inen Rusnan Fotografer Termuda Abadikan Konferensi Asia Afrika 1955