Indonesia Cukur Filipina 4-0, Pengamat Sepakbola dan Ketua Umum PSSI Ungkap Hal Tak Terduga Ini

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 06:20 WIB
Timnas Indonesia U23 saat melakukan laga kontra Filipina di ajang SEA Games Vietnam (PSSI)
Timnas Indonesia U23 saat melakukan laga kontra Filipina di ajang SEA Games Vietnam (PSSI)

FOKUSSATU.ID - Pengamat Sepakbola Alief Syachviar menilai kemenangan Timnas Indonesia U23 4-0 atas Filipina di ajang SEA Games Vietnam membuktikan pasukan Garuda Muda masih solid.

"Organisasi permainan berjalan baik dan transisi dari bertahan ke menyerang bisa dijalankan dengan baik," katanya lewat keterangan tertulis via whatsapp, Jumat 13 Mei 2022.

Alief menjelaskan sepakbola memang bukan matematika, Filipina sebelumnya mampu menahan imbang 0-0 tuan rumah Vietnam. Tentu kemenangan atas Filipina akan mengangkat moral kepercayaan diri para pemain.

Kunci kemenangan atas Filipina adalah bukti kejelian Shin Tae-yong (STY) memasang pemain dan melakukan rotasi pemain di babak kedua.

Baca Juga: KPK Periksa 6 Pegawai Pemkab Bogor Terkait Kasus Dugaan Suap Bupati Ade Yasin

Dalam laga melawan Filipina peran Marc Klok juga makin sentral. Ia sudah mulai “nyetel” dengan tim dan sanggup menjadi gelandang jangkar sekaligus mampu bertahan dan menyerang dengan baik.

Pergantian di lini depan antara M Ridwan ke Irfan Jauhari belum maksimal karena kedua pemain beda tipe. Namun Ronaldo Kwateh kini didorong untuk berperan melakukan counter attack cukup maksimal. Gol keempat timnas adalah hasil keberaniaanya melakukan serangan balik tunggal.

Secara umum, sentuhan permainan yang diinginkan STY sudah berjalan. Jika kondisi tim stabil, saya optimis pasukan Garuda bakal melangkah hingga final.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan kondisi tim Indonesia U23 semakin stabil, permainan membaik, dan kerja sama antar pemain juga rapi.

Halaman:

Editor: Arismen Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

lndonesia Lolos Putaran Final Piala Asia 2023

Rabu, 15 Juni 2022 | 08:46 WIB
X