• Sabtu, 3 Desember 2022

Jelang Laga Klasik Persib vs Persija, Minggu 2 Oktober 2022. Ini Catatan Duel Keduanya

- Rabu, 28 September 2022 | 11:04 WIB
Persib vs Persija,  2 Oktober 2022
Persib vs Persija, 2 Oktober 2022

FOKUSSATU.ID - Sejak era Perserikatan, pertemuan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta selalu dinantikan penggemar sepakbola nasional. Bukan hanya oleh pendukung fanatik kedua tim.

Meski demikian, pertemuan Persib vs Persija juga semakin tambah panas dengan rivalitas diluar lapangan, alias rivalitas dua pendukung fanatik mereka yang disebut Bobotoh bagi pendukung Persib dan The Jack bagi pendukung Persija.

Tidak ada catatan pasti berapa kali mereka bertemu dalam laga resmi dibawah naungan PSSI. Ada yang mencatat, sejak pertemuan pertama pada 1933, kedua tim sudah bentrok 169 kali. namun ada pula yang mencatat hanya 157 pertemuan.

Baca Juga: Miliaran Serangan Siber, Indonesia Harus Siap Hadapi Perang Siber

Namun sejarah rivalitas panas keduanya baru terjadi di tahun 2000-an. Tentunya tidak lepas dari andil kecintaan para pendukung kedua tim.

Secara total, sejak Perserikatan, Persib menang 59 kali, Persija 50 kali, imbang 49 kali, dan 12 lainnya tidak diketahui secara pasti.

Namun, sejak era Liga Indonesia, pertemuan mereka sebanyak 45 kali dengan hasil Persija lebih unggul. Dari 45 pertemuan tersebut, Persija meraih 19 kemenangan. Sementara Persib hanya meraih delapan kemenangan. Kemudian 18 laga lainnya berakhir imbang.

Kedua tim juga memiliki sejarah yang unik. Diantaranya perpindahan pemain diantara kedua tim. Banyak pemain Persib kemudian pindah ke Persija dan demikian pula sebaliknya.

Baca Juga: Ramalan Feng Shui 28 September untuk Shio Monyet, Ayam, Anjing dan Babi. Hati-hati dalam Memulai Hubungan

Halaman:

Editor: Teguh Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X