• Minggu, 17 Oktober 2021

Upaya Capaian Penghasil Getah, KPH Bandung Selatan Optimalkan Potensi dan SDM Yang Ada

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:47 WIB
Kepala Adm dan Wakil Adm Wilayah Barat KPH Bandung Selatan (Foto : Kusnadi)
Kepala Adm dan Wakil Adm Wilayah Barat KPH Bandung Selatan (Foto : Kusnadi)

FOKUSSATU.ID - Penyadapan pohon pinus di kawasan hutan terus digenjot. Sebagai upaya pencapaian penghasil getah, KPH Bandung Selatan melakukan loncatan loncatan dengan melihat potensi dan SDM yang sudah ada.

Sebelumnya KPH Bandung Selatan sudah menjadi leader di getah karena 80 persen kawasan hutan yang ada di Pulau Jawa di kelola oleh KPH Bandung Selatan. Hal ini disampaikan Wakil Administratur Wilayah Barat Trisna Mulyana saat ditemui di Kantor KPH Bandung Selatan, beberapa hari lalu.

Trisna mengatakan dengan potensi yang ada tapi pengelolaannya masih kurang. Atas dorongan dari pimpinan KPH Bandung Selatan hal ini perlu dilakukan identifikasi potensi dan budaya kerja perlu diawasi atau diperhatikan.

Baca Juga: Perhutani KPH Bandung Selatan Evaluasi Ratusan PKS Dalam Pengelolaan Hutan

“Atas dorongan dari kepala Adm, untuk mengelola potensi dan SDM yang ada. Karena sebelumnya KPH Bandung Selatan masih kurang dari segi pengelolaan padahal potensi dan SDM sudah ada. Selain itu juga kinerja perlu ditingkatkan dari berbagai bidang,”ujar Trisna.

Untuk diketahui sebelumnya, Trisna mengungkapkan bahwa KPH Bandung Selatan hanya ada di peringkat 5 besar KPH penghasil getah di Divisi Regional Jawa Barat dan Banten. Sekarang dari laporan kemarin KPH Bandung Selatan menjadi peringkat 1 di Divisi Regional Jawa Barat dan Banten.

“Bahkan saat ini mejadi No 1  seperhutani raya yaitu di Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Divisi Regional Jawa Tengah, Divisi Regional Jawa Timur,”ungkapnya.

Baca Juga: Yayasan Krida Dhari Indonesia Bekerjasama Dengan Kostrad Gelar Vaksin Untuk Masyarakat Solo

Lanjut Trisna menyebutkan bahwa untuk penyadap sendiri di KPH Bandung Selatan terdiri dari 70 persen dari masyarakat lokal dan 30 persen nya dari luar salah satunya dari Majenang.

Halaman:

Editor: Kusnad Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X