• Selasa, 4 Oktober 2022

Mengacu Peraturan Bupati 128 tahun 2019, Pemdes Karangresik Gelar Seleksi Perangkat Desa

- Selasa, 20 September 2022 | 23:09 WIB
Seleksi penerimaan perangkat Desa di Gedung Olahraga Desa Karangresik, Selasa (20/9/2022).
Seleksi penerimaan perangkat Desa di Gedung Olahraga Desa Karangresik, Selasa (20/9/2022).


FOKUSSATU.ID - Mengacu peraturan Bupati
nomor 128 tahun 2019,Pemerintah Desa (Pemdes) Karangresik Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya gelar seleksi penerimaan perangkat Desa di Gedung Olahraga Desa Karangresik, Selasa (20/9/2022).

Ketua Panita Abdurahman Hasan, mengatakan seleksi penerimaan perangkat desa baru ini, untuk satu posisi Kaur Pemerintahan terkait dengan adanya kekosongan perangkat desa yang mengundurkan diri.

"Pelaksanaan penjaringan dan seleksi perangkat desa prosesnya seperti biasa, yang mengacu pada peraturan Bupati nomor 128 tahun 2019 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa,"ujar Abdurahman Hasan, usai kegiatan seleksi kepada wartawan.

Baca Juga: Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Depok hari Rabu 21 September 2022

Dia menjelaskan, penjaringan perangkat desa
ada tahapan-tahapannya, yaitu para pendaftar usia minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun, yang di mulai dari 28 Agustus 2022.Diantaranya melaksanakan sosialisasi atau pengumuman bahwa di desa membutuhkan calon perangkat desa, jadwal, tahapan pendaftaran,persyaratan, pemeriksaan administrasi dan seleksi.

"Hasil penjaringan yang mendaftar sebanyak 13 orang kemudian dilakukan verifikasi administrasi persyaratan,yang lolos 11 orang.Pihaknya juga masih memberi kesempatan kepada pendaftar untuk melengkapi kekurangan-kekurangan dari pendaftar tersebut, tetapi setelah diberi kesempatan waktu masih tetap tidak melengkapi berarti dianggap tidak lulus.Jadi dari 13 orang dua orang tidak lulus secara administrasi.

Hasan menyebutkan,pelaksanaan seleksi perangkat desa pada hari ini,yaitu test tulis, test pengetahuan, test keterampilan, dan test praktek berkaitan dengan penguasaan media melalui komputer serta interview yang dilaksanakan oleh tim khusus BPD dan Pemerintah Kecamatan.

Baca Juga: bank bjb Jalin Kerja Sama dengan DPM Desa Jawa Barat

"Peserta seleksi yang seharusnya berjumlah 11 orang lulus di proses verifikasi,tetapi yang hadir hanya 9 orang dan 2 tidak hadir otomatis dianggap mengundurkan diri serta untuk penentuan calon perangkat desa hasil dari seleksi diumumkan pada hari ini juga,"jelasnya.

Lanjut dia, bagi 9 orang yang mengikuti seleksi tersebut akan di pilih satu orang dan bagi yang tidak terpilih harus menerima. Karena sebelumnya pihak panitia dan peserta melakukan kesepakatan bersama bahwa diantara mereka tidak akan menuntut apapun dan menerima secara lugowo apa yang menjadi keputusan panitia.

Halaman:

Editor: Wisnu Sungkara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HJKB212 Solidaritas Inklusif ala Bantu Tetangga

Senin, 26 September 2022 | 19:41 WIB

Yunimar: Yuk, Ramaikan HJKB 212

Jumat, 23 September 2022 | 18:48 WIB

MANTAP! Pemkot Bandung Tertibkan Sejumlah Reklame Ilegal

Selasa, 20 September 2022 | 18:14 WIB
X