Kasal Laksamana TNI Yudo Margono Calon Pengganti Jenderal Andika Perkasa

- Rabu, 30 November 2022 | 23:38 WIB
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono

FOKUSSATU.ID-Panglima TNI  Jenderal TNI Andika Perkasa memasuki masa pensiun pada Desember 2022 ini .

Sebagai calon penggantinya Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Dia ditunjuk  sebagai calon tunggal.

Surat Presiden (Surpres) Calon Panglima TNI itu telah diserahkan oleh Mensesneg Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani pada 28 November 2022.

"Bahwa nama yang diusulkan Presiden untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut,"  ujar  Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta, awal pekan ini.

Baca Juga: Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Jenderal TNI Andika Perkasa

Setelah menerima nama itu, DPR segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada calon Panglima TNI tersebut. Rencananya, uji kelayakan itu akan dilakukan pekan depan setelah mendapatkan penugasan dari Badan Musyawarah (Bamus) DPR kepada Komisi I DPR.

Yudo Margono  yang lahir di Madiun, Jawa Timur, pada tahun 1965 , merupakan anak seorang petani. Usai lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-33 pada 1988, karier militernya terus melejit.

Sementara itu Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan kepada calon Panglima TNI  Laksamana TNI Yudo Margono. Pasalnya, pihaknya menunggu jadwal dari Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk melakukan fit and proper test.

“Prosedurnya ketika surat dikirimkan ke DPR dalam ranah pimpinan DPR, kemudian pimpinan DPR akan rapim (rapat pimpinan) Bamus, dan Bamus akan dikirimkan kepada komisi terkait dalam hal ini Komisi I DPR," ujar Meutya Hafid di Jakarta.

Halaman:

Editor: Arismen Fokussatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menkopolhukam Ingatkan Potensi Ancaman Karhutla

Sabtu, 21 Januari 2023 | 23:31 WIB

IndiHome Jaga Momentum Positif Di Era Pasca Pandemi

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:58 WIB

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 22:50 WIB
X